Racik Disinfektan Sendiri, Semprot Ruang Publik

by -

Pemerintah Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa dan lingkungan masyarakat, Rabu (25/3). Hebatnya, formula cairan sterilisasi itu diracik sendiri. Kepala Desa Jayanti Nandang mengatakan, penyemprotan disinfektan itu dilakukan lantaran pihaknya merasa prihatin dengan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Sukabumi yang semakin meluas.

TADI kita lakukan penyem­protan di kantor desa, ruang ruang kerja staf, pustu, BUM­Des, ruang lingkungan ma­syarakat yang ramai dilintasi seperti jalan gang, termasuk dua masjid jami dan dua mu­sala,” ujar Nandang.

Nandang menjelaskan, for­mula disinfektan yang diguna­kan adalah hasil racikan sen­diri. Hal itu dilakukan meng­ingat sulitnya mendapatkan bahan yang sudah jadi. Namun, racikan itu dilakukan mengik­uti arahan dan pengalaman tim kesehatan setempat.

”Ada pemutih, pembersih lantai dan pembersih kamar mandi. Dari satu liter atau satu gayung air, kita tamba­hkan dua sendok makan pemutih, dua sendok makan pembersih kamar mandi dan empat sendok makan pem­bersih lantai,” jelasnya.

Baca Juga  Minggu Bergerak, Formi Giatkan Senam Massal

Nandang bersama pemuda karang taruna dan BPD setem­pat juga mengaku sudah mem­buat ajakan di media sosial yang isinya sama-sama mengajak masyarakat mencegah penye­baran virus corona. ”Insya Al­lah kita lanjutkan kembali penyemprotan ke fasilitas umum lainnya seperti sekolah dan jalan lingkungan lainnya. Ba­hkan sudah ada yang me­minta ke saya secara pribadi lewat pesan, rumah warga juga minta disemprot. Kita akan siapkan bahan-bahan yang diperlukan,” pungkas Nandang. (suk/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *