Sekolah Ibu Jadi Motor Penggerak UMKM

by -
RAKOR: Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian saat Rakor Sekolah Ibu 2020 di ruang Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Bogor Tengah, Kamis (5/3).

METROPOLITAN – Wali Kota Bogor Bima Arya men-ghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Sekolah Ibu 2020 di ruang Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Bogor Tengah, Kamis (5/3).

Berbagai ara-han dan evaluasi disam-paikan dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Bogor beserta wakil-nya, Yane Ardian dan Yan-tie Rachim, juga para camat serta lurah se-Kota Bogor.

Bima Arya mengatakan, setiap program yang dija-lankan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pasti ada evaluasi agar pelaksanaan berikutnya berjalan lebih baik.

“Program Sekolah Ibu tahun ini saya minta eva-luasi dan harus terus ino-vasi. Pertama, inovasi un-tuk kurikulumnya. Yang kedua dilakukan inovasi untuk pembinaan alumni Sekolah Ibu. Jadi nanti ada kegiatan-kegiatan yang mereka laksanakan, yang targetnya alumni Sekolah Ibu. Jadi ada pemberday-aan di situ, baik secara ekonomi, secara skill dan lain-lain,” ungkap Bima.

Ia menambahkan, salah satu program pemberday-aan bagi para alumni Se-kolah Ibu adalah terkait UMKM.

“Misalnya dengan menyediakan bantuan modal untuk usaha, ke-terampilan atau skill. Ke-mudian para alumni Se-kolah Ibu ini akan men-jadi motor untuk Dasa-wisma, kader PKK. Mereka semua menanti dan menunggu karena masih semangat untuk terus di-libatkan,” jelasnya.

Tidak itu saja, Bima Arya juga menerima banyak per-mintaan dari warga yang belum menikah agar bisa menjadi peserta program ini. Untuk diketahui, salah satu syarat untuk menjadi peserta Sekolah Ibu adalah sudah menikah dan memi-liki usia maksimal 45 tahun.

“Tadi juga dipertimbangkan untuk memperluas cakupan peserta karena banyak juga yang menyatakan berminat tapi belum menikah. Tapi menurut saya, boleh belum menikah (menjadi peserta Sekolah Ibu, red) asalkan yang mau segera menikah. Dengan kata lain, yang su-dah terdaftar di KUA akan segera menikah, bisa ikut Sekolah Ibu,” ujar Bima. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *