Seni Tradisional Nusantara hingga Drama Musikal Dipertontonkan

by -
KOMPAK: Seni budaya digelar di SMK Negeri 3 Kota Bogor.

METROPOLITAN – Ada yang berbeda dalam praktik ujian akhir Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya di SMK Negeri 3 Kota Bogor. Ujian yang dikhususkan bagi siswa kelas XII ini digelar layaknya pagelaran seni kontemporer profesional.

BERTEMPAT di ruang ser-baguna lantai tiga, ratusan siswa antusias menyaksikan penampilan aneka seni bu-daya nusantara itu. Di hada-pan guru seni budaya yang juga jadi tim penilai, masing-masing kelompok unjuk ke-bolehan beradu seni. Tak ayal, aksi pertunjukannya membuat mata penonton terpukau.

Lulusan SMK Negeri 3 Ko-ta Bogor ini, ternyata tidak hanya piawai dalam meng-geluti dunia bisnis dan kuli-ner, tapi juga mampu me-nampilkan aneka seni tari tradisional hingga seni drama musikal berkualitas.

Baca Juga  Kapolresta Berikan Arahan Seluruh Kepsek di Kota Bogor

“Alhamdulillah, walaupun persiapannya sempit, kami bisa tampil maksimal dengan penuh semangat demi meraih nilai ujian akhir yang terbaik,” ujar peserta ujian Praktik Bidang Seni, Tiara Ayu Utami.

Dalam ujian praktik ini, Tiara mengaku dirinya me-nampilkan tari tradisional yakni tari jaipong yang diko-laborasikan dengan tari tra-disional dari daerah lain. Di antaranya seperti Bali yang dipadukan dengan tarian dari Papua serta aneka seni tari dari Aceh.

“Alhamdulillah, penampilan kami tidak mengecewakan penonton maupun para guru sebagai tim penilai ujian akhir,” ujarnya. Dalam ujian praktik ini, sambung Tiara, setiap siswa dituntut berlatih secara aktif agar menghasil-kan pertunjukan berkualitas. Selain tarian tradisional, ada pula yang menampilkan seni drama musikal.

Baca Juga  DPR Minta PTM Januari 2021 Dikaji Ulang

“Kami berharap apa yang kami tampilkan bisa menam-bah wawasan dan pengeta-huan tentang aneka seni budaya nusantara. Jadi, ke depan kami bisa menguasai berbagai kesenian daerah lainnya,” pungkasnya. (ber/ar/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *