Setengah Jam Gambar Jokowi, Diminta Susi Jadi Anak Angkat

by -
BERBAKAT: Punya kemampuan menggambar, Febby justru tak sempat melanjutkan sekolahnya dan membantu ibunya menjaga warung.

METROPOLITAN – Febby Lissa Ayu Aryanti, gadis putus sekolah asal Kampung Cirendeu, RT 15/04, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, ramai diperbincangkan. Kemampuannya menggambar di atas kertas membuat kagum sejumlah pihak.

Putri kelahiran 16 Februari 2003 itu terpaksa putus sekolah karena ketiadaan biaya kedua orang tuanya. Selepas Madrasah Tsanawiyah (Mts), Febby tak melanjutkan sekolahnya ke SMA. Sehari-hari Febby hanya membantu ibunya menjaga warung kopi.

Selain itu, Febby juga rajin mengurus neneknya, Penti Suwanti (51), yang terbaring karena sakit stroke yang dideritanya.

“Tidak lanjut sekolah karena nggak ada biaya. Sehari-hari bantu ibu saja jualan kopi. Kalau pagi, biasa ngurusin nenek sakit, bantu ke air, bantu mijitin,” kata Febby dengan polos.

Baca Juga  Jalan Moncer Mulan menuju Senayan

Febby tinggal bersama kedua orang tuanya, Yani Hendrayani (38) dan Aden Subandi (50). Selain Febby, ada dua adik Febby dan neneknya yang tinggal di rumah yang telah disulap menjadi warung kopi dan makanan ringan itu.

“Hobi melukis dari kecil, suka dengan tokoh-tokoh anime. Kalau soal menggambar, banyak juga yang minta digambarin sketsa wajah. Kadang ada juga anak-anak sekolah yang minta digambar, kadang dikasih Rp20 ribu,” ungkapnya.

Kisah Febby sendiri mendapat perhatian dari beberapa pihak, antara lain KPAI, Kemendikbud dan DPR Komisi X. Sampai kemudian, tanpa diduga, utusan Presiden RI Joko Widodo mendatangi kediaman Febby untuk memberikan sejumlah bantuan.

Febby pun menunjukkan bakatnya dalam menggambar di hadapan utusan Jokowi. Gadis cantik itu membuat sketsa wajah Jokowi hanya butuh waktu 30 menit.

Baca Juga  Jokowi Pernah Sebut Macet Bogor-Sukabumi Parah

Menurut Febby, lukisan itu merupakan bentuk ucapan terima kasih karena sudah memberikan bantuan untuknya meneruskan sekolah.

Sketsa wajah Jokowi yang dibuat Febby, bersumber dari foto yang tersebar di internet dan hanya dalam 30 menit sketsa itu selesai dibuat.

“Saya ambil fotonya dari sini saja (google, red),” lirih Febby.

Meski dalam waktu singkat, detail guratan-guratan di dahi orang nomor satu di Indonesia itu tergambarkan dengan jelas. Febby juga mengaku bersyukur Jokowi memerhatikan kisahnya.

Semangat yang diberikan melalui buku-buku dan alat tulis membuatnya optimis ia bisa kembali melanjutkan sekolahnya ke tingkat SMA.

“Tadi kepikiran mau kasih sesuatu, karena saya ingin bertemu Pak Jokowi nggak mungkin, akhirnya saya titip lukisan. Semoga Pak Presiden berkenan. Beliau menyemangati saya untuk belajar, saya memberikan pesan beliau untuk tetap semangat membangun Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga  Proyek Taman Bupati Bogor Capai Rp 2 Miliar

Tak sampai Jokowi, kisah Febby juga menarik perhatian mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti.

Susi berniat mengangkat Febby sebagai anak, bahkan menanggung biaya pendidikannya sampai kuliah dan dibantu mencari pekerjaan.

“Sudah menghubungi, asisten Susi sudah melakukan komunikasi telepon dengannya,” kata founder organisasi sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP) Kristiawan Saputra. (dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.