Si Merah Hanguskan Bengkel

by -
KEBAKARAN: Petugas Damkar Kabupaten Bogor saat memadamkan api yang mem-bakar bengkel di Cibinong, Ka-bupaten Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Bagi anda pemilik atau montir bengkel yang sering menyervis kendaraan atau sepeda motor konsumen, wajib berhati-hati. Salah-salah malah bisa membakar bangunan bengkel.

Seperti yang terjadi pada salah satu bengkel sepeda motor di Jalan Raya Pondokrajeg RT 1/7 Kecamatan Cibinong, yang ludes dilalap si jago merah, Jumat (13/3) siang.

Komandan Sektor (Dansek) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Andang Hidayat membenarkan kejadian itu. Bangunan bengkel sepeda motor yang berada di pinggir jalan raya, milik Djap Sak San itu ludes dilalap api pada pukul 10:15 WIB dan baru selesai penanggulannan pada pukul 11:10 WIB.

“Yang terbakar itu bengkel motor milik Djap Sak San, dari keterangan sementara api berasal dari kosleting percikan sepeda motor yang sedang servisan,” katanya kepada Metropolitan, Jumat (13/3).

Baca Juga  Motor Servisan Korslet, Bengkel Ludes Dilalap Api

Beruntung, sambung dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Petugas yang turun pun tidak hanya dari mako Cibinong, tapi melibatkan Damkar Kota Depok.

“Alhamdulillah korban nihil, yang menanggulangi mako Cibinong tiga unit mobil pemadam, dari Depok dua unit. Kejadian jam 10:15 WIB, selesai pnanvgulangan jam 11:10 WIB,” tukas Andang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Ma’mur menuturkan, sejak januari hingga awal Maret 2020, tak kurang 40 kali kejadian kebakaran yang terjadi di Bumi Tegar Beriman.

Sejauh ini, dari puluhan kejadian kebakaran itu paling banyak disebabkan karena konsleting listrik. Selain itu, kata dia, kebakaran terjadi di banyak tempat yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi.

Baca Juga  Bakar Sampah Bikin Resah

“Seperti di Cibinong, Citeureup dan Cileungsi,” ujarnya.

Setiap tahun, sambung dia, jumlah kebakaran memang cenderung meningkat. Tercatat pada 2017 saja, terjadi 178 kasus kebakaran, dan lalu meningkat pada 2018 menjadi 196 kasus.

Dari 196 lokasi kebakaran, wilayah nomor satu yang paling rawan adalah Kecamatan Cibinong, Gunungputri, Citeureup, dan Cileungsi. Sedangkan pada Januari-September 2019 terdapat 247 kejadian kebakaran.

“Dan dari kasus itu sebanyak empat warga meninggal akibat kebakaran. Jumlah tersebut terjadi sepanjang dua tahun sejak 2018 – 2019,” pungkasnya.(ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.