Tingkatkan SDM, Diskominfo Jabar Gelar Pentest

by -

METROPOLITAN.ID-Sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, dalam upaya membina dan meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) persandian di Kabupaten dan Kota, Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, Diskominfo Provinsi Jawa Barat menggelar Pelatihan Penetration Testing (Pentest) 2020.

Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Tiomaida Seviana mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para peserta perwakilan dari 24 kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang hadir dapat mengetahui kelemahan dan kerentanan aset informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

“Kita memberikan kesempatan untuk SDM persandian komunikasi kota/kabupaten supaya bisa meningkatkan kapasitasnya khususnya yang berkaitan dengan keamanan informasi, khususnya lagi untuk bisa melaksanakan Perpres kelak,” ucapnya.

Menurut Tio, di kota dan kabupaten, SDM persandian dan keamanana informasi saat ini masih sangat terbatas jumlahnya serta kebanyakan nomenklatur kota/kabupaten juga masih Sekci, sehingga belum seluruhnya Kabid, padahal diharapkan untuk urusan persandian dan keamanan informasi harus setingkat bidang.

“Persandian dan keamanan informasi harus selevel bidang, karena ini memang urusan tersendiri, tapi itu mungkin bertahap kelak semuanya akan bisa, karenanya kita dari provinsi punya kewajiban untuk membantu kota/kabupaten supaya mereka juga punya SDM yang kuat dibidang itu,” katanya.

Tio menyatakan, dari hasil pelatihan ini pihaknya akan memilih beberapa orang untuk mengikuti sertifikasi internasional di Kota Bandung sehingga mereka akan semakin kompeten, semakin ahli sehingga keamanan informasi di daerah bisa semakin terjaga.

“Kita ga cuman pelatihan, kita pilih sekitar 4 orang untuk ikut sertifikasi internasional di Bandung, ini kedua kalinya kita adakan Pentest, sebelumnya 3 orang ikuti sertifikasi,” jelas Tio, dalam acara Pentest 2020 di Hotel Resinda, Kab, Karawang, Selasa (03/03/2020). (*/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *