12 Provinsi Dapat Alat Tes Baru Covid-19

by -

METROPOLITAN – Amu­nisi Indonesia dalam mela­wan Covid-19 bertambah. Hal itu seiring kedatangan 20 alat tes reaksi berantai polimerase (PCR). Rincian­nya, 2 RNA extractor auto­matic dan 18 detektor PCR yang bisa mengetahui kete­patan hasil tes Covid-19. Alat tersebut didatangkan dari Roche Swiss atas upaya Ke­menterian BUMN. ”Alat ini juga diburu berbagai ne­gara yang bersamaan diha­jar pandemi Covid-19,” ujar Stafsus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga.

Apabila semua alat tes telah terinstal, lanjut Arya, dalam satu hari bisa diketahui hasil tes dengan kecepatan 9.000 hingga 10.000 spesimen. Men­urut hitungannya, apabila dalam satu hari bisa dilakukan 5.000 hingga 10.000 tes, dalam sebulan bisa mencapai 300.000 tes. Saat ini satu alat PCR te­lah terpasang di salah satu rumah sakit di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga  Kenali Penyebab Asam Lambung Tinggi

Selain Jakarta, sebelas pro­vinsi penerima alat itu adalah Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua. Perakitan alat itu mem­butuhkan waktu beberapa hari dan kehati-hatian yang tinggi. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *