Gejala Baru Corona: Kemerahan pada Kulit

by -

METROPOLITAN – Ahli Pe­rancis baru-baru ini menga­takan bahwa virus corona SARS-CoV-2 bisa menyebab­kan gejala dermatologis, se­perti pseudo-frostbite (radang dingin semu), kulit kemerahan yang kadang menyakitkan dan gatal-gatal.

Menurut persatuan dokter spesialis kulit dan penyakit kelamin Perancis (SNDV), gejala dermatologis itu me­mengaruhi tubuh di luar sis­tem pernafasan dan kemun­gkinan terkait infeksi virus corona baru penyebab Co­vid-19.

Banyaknya pasien Covid-19 yang melaporkan gejala di atas semakin menguatkan bahwa hal ini berhubungan dengan infeksi virus corona. ”Gejala dermatologis dapat muncul tanpa disertai gejala perna­pasan,” ungkap SNDV dalam siaran persnya, seperti dilan­sir The Jerusalem Post, Ming­gu (12/4).

Sekitar 400 pakar kulit di Pe­rancis telah mendiskusikan gejala baru ini melalui grup WhatsApp khusus. Mereka menyoroti lesi kulit yang mun­gkin terkait dengan tanda Co­vid-19 lainnya, seperti masalah pernafasan. Untuk diketahui, lesi kulit adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal, baik di permukaan maupun di ba­wah permukaan kulit.

Baca Juga  Puasa Bikin Badan Tambah Sehat

Dari diskusi itu diketahui bahwa tidak semua pasien Covid-19 mengalami kompli­kasi dan banyak juga yang tidak mengalami gangguan pernafasan sama sekali. Dari penelitian sebelumnya dike­tahui pasien Covid-19 yang tidak merasakan gejala apa pun masih dapat mengin­feksi orang lain.

Oleh sebab itu, di rumah saja adalah cara tepat untuk memutus mata rantai penye­baran virus corona baru. ”Ana­lisis dari banyak kasus yang dilaporkan ke SNDV menunjuk­kan bahwa manifestasi kulit ini dapat dikaitkan dengan Co­vid-19. Kami memperingatkan masyarakat dan tenaga medis untuk mendeteksi pasien yang berpotensi menularkan virus secepat mungkin,” kata SNDV dalam siaran pers yang dilan­sir New York Times.

Kendati demikian, beberapa gejala baru telah ditemukan selama sebulan terakhir yang mungkin terkait virus corona baru. Beberapa gejala muncul tanpa disertai gejala perna­fasan. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *