Ilmuwan Filipina Uji Minyak Kelapa Murni pada Pasien Covid-19

by -

METROPOLITAN – Ketika dunia berlomba melawan waktu untuk mencari obat virus corona (Covid-19), il­muwan Filipina ternyata se­dang menguji manfaat virgin coconut oil (minyak kelapa murni) pada pasien Covid-19. Ilmuwan percaya minyak ke­lapa dan turunannya adalah senyawa antivirus yang aman dan efektif, baik untuk ma­nusia maupun hewan.

”Minyak kelapa dan turunan­nya telah memberikan keefek­tifannya untuk menyerang virus pada hewan dan manu­sia, karena memberi perlin­dungan antiviral dan antibak­teri pada hewan. Minyak kelapa atau kandungannya yaitu asam laurat dan mono­laurin digunakan untuk suple­men hewan ternak dan hewan peliharaan, misalnya ayam, babi dan anjing. Monaurin terbukti efektif mencegah tertular virus flu burung,” tu­lis Professor Emeritus Dr. Fabian Antonio Dayrit, dikutip dari laman Ateneo De Ma­nila University.

Baca Juga  Kunyit Punya Manfaat untuk Turunkan Demam Anak Lho, Ini Caranya

Fabian mengungkapkan, perawatan ini terjangkau dan hampir bebas risiko juga po­tensi manfaatnya sangat besar. Ada 3 tahap asam laurat dan monolaurin pada minyak ke­lapa murni bekerja sebagai antiviral:

  1. Menyebabkan disinte­grasi terhadap membran (selubung atau pembungkus) virus.
  2. Menghambat tahap pe­matangan terakhir dalam siklus replikasi virus.
  3. Mencegah penyatuan protein virus ke sel membran induk.

Seperti dilansir CNN Filip­hina, Departemen Sains dan Teknologi Filiphina melapor­kan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minyak kelapa dapat mengu­rangi durasi atau keparahan gejala Co­vid-19.

”Studi yang berjudul ”Virgin Coconut Oil and Omega-3a Adjunctive Therapy for Hos­pitalized Patients with COVID 19” ini dilaku­kan di Rumah Sakit Umum Filipina akan dipimpin oleh Dr. Marissa Alejandria pada 8 April,” ujar Sekretaris Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Fortunato de la Pena, dalam sebuah wawancara.

Baca Juga  Mangga Bisa Cegah Kanker

Fortunato mengatakan, da­lam uji klinis berbasis rumah sakit, minyak kelapa akan diberikan sebagai suplemen untuk rejimen pengobatan harian pasien positif Co­vid-19. (ok/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *