Jenazah Pasien Covid-19 tak akan Menularkan Virus

by -

METROPOLITAN – Munculnya penolakan jenazah karena dikhawatirkan membawa virus mendapat erakti dari pakarnya. Direktur Utama RSI Jakarta Sukapura-Muhammadiyah Covid-19 Command Center, Dokter Umi Sjarqiah, Sp.KFR, MKM, menegaskan, jenazah pasien Covid-19 tidak menularkan virus.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dihindari, khususnya bagi petugas pengurus jenazah pasien Covid-19. Adalah cairan yang keluar dari tubuh jenazah, termasuk dari mulut, hidung, mata, anus, kemaluan atau luka di tubuh jenazah.

Karena itu, penanganan jenazah pasien Covid-19 mesti dilakukan sesuai protokol kesehatan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Jenazah pasien infeksi, termasuk Covid-19, mendapat perlakuan khusus untuk meminimalisasi masalah.

”Perawatan jenazah sejak meninggal dunia sampai dikuburkan dilakukan sesuai standar protokol kesehatan WHO. Di rumah sakit, tentu sudah sesuai standar isolasi, baik untuk petugas pasien dan keluarga,” paparnya.

Baca Juga  Sering Makan Jeruk Bisa Cegah Kebutaan

Nah, jika dipandang mendesak, jenazah boleh untuk tidak dimandikan atau dikafani demi menghindari paparan virus dengan pertimbangan asas hukum syariah.

Dia menegaskan, jenazah pasien COVID-19 yang sudah dikuburkan tak perlu ditakuti akan bahayanya. Sebab, jenazah telah ditangani dengan sangat baik sesuai WHO dan yang terpenting, virus yang ada di tubuhnya tak akan menular. ”Jenazah pasien Covid-19 yang telah dilakukan penanganan dengan baik aman dikuburkan karena virus hanya dapat bertahan di sel hidup,” tegasnya.

Selanjutnya, dokter Umi memberi imbauan pada masyarakat agar tidak usah khawatir terkait hal ini, terlebih jika semua prosedur dilakukan. ”Insya Allah aman,” tambahnya. (ok/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *