Kabupaten Bogor Siap-siap PSBB

by -

METROPOLITAN.id – Kementerian Kesehatan RI akhirnya merestui pengajuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di daerah-daerah penyangga ibukota DKI Jakarta, termasuk Kabupaten Bogor.

Langkah ini diambil untuk percepatan penanganan virus corona atau covid-19 yang terus meningkat jumlah kasusnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun sudah resmi menerima surat keputusan Menkes tersebut Sabtu (11/4) malam.

“Sekitar jam 22:00 WIB kemarin secara formal bupati menerima SK Menkes soal penetapan PSBB di Kabupaten Bogor, juga beberapa wilayah penyangga ibukota dan Jabar,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, Minggu (12/4)

Dalam surat itu, tercatat ada dua pertimbangan keputusan tersebut, yakni sudah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus covid-19, lalu berdasarkan kajian epidemologi, kesiapan daerah dari aspek sosial, ekonomi dan lainnya.

Baca Juga  Tahun Ini, Diskominfo Pasang 120 Tower Mini

Sedangkan masa berlaku PSBB dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan bisa diperpanjang jika masih terjadi penyebaran.

“Malam tadi menkes mengumumkan menyetujui usulan Bodebek melalui gubernur Jabar melaksanakan PSBB. Memang banyak hal harus disiapkan karena Kabupaten Bogor kan berbeda dgn kota. Cakupan wilayah yang luas, jumlah penduduknya yang banyak juga masyarakatnya heterogen,” ujarnya.

Perempuan yang juga menjabat Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor ini melanjutkan, pihaknya tengah mematangkan segala sesuatu dan kesiapan tersebut. Termasuk peraturan bupati (perbup) dan sosialisasi sebelum diterapkan.

“Termasuk juga kesepakatan dengan daerah lain. Untuk waktu penerapannya, menunggu keputusan bupati,” terang Syarifah

Untuk kesiapan anggaran, beberapa anggaran sudah disiapkan. Seperti untuk social safery nett, baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Baca Juga  Microsoft "Lenyapkan" Windows Vista Pada 11 April

“Untuk pembiayaan, pengawasan juga sudah dialokasikan di perubahan parsial APBD. Nah sampai sore kemarin, masih dilakukan pembahasan draft raperbup tentang PSBB,” tuturnya. (ryn/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *