Kongo Diserang Dua Virus Sekaligus

by -

METROPOLITAN – Republik Demokratik Kongo harus menghadapi dua wabah sekaligus. Selain diserang virus corona jenis baru atau Covid-19, negara di Benua Afrika tersebut juga menghadapi kemunculan penyakit Ebola. Hingga Selasa (14/4), Kongo melaporkan 60 kasus positif Covid-19 dengan jumlah meninggal 5 orang.

Belum selesai pandemi Covid-19, otoritas kesehatan Kongo mencatat mencatat kasus baru Ebola ketiga pada Senin (13/4). Kasus ketiga Ebola menjangkiti seorang anak perempuan berusia 7 tahun yang mulai menunjukkan gejala seusai mengunjungi pusat kesehatan yang sama seperti dua kasus sebelumnya.

Setelah lebih dari tujuh pekan tanpa infeksi baru Ebola, Kongo pada Minggu sebenarnya berencana menandai berakhirnya wabah virus mematikan tersebut. Namun, pada Jumat kemarin satu kasus dilaporkan di Kota Beni. Seiring berjalannya waktu, kini ada 3 kasus Ebola yang dikonfirmasi.

Ketiga pasien dalam kasus baru Ebola tersebut mengunjungi Pusat Kesehatan Horizon di Beni. Pasien ketiga mulai mengalami gejala pada 11 April. Hal itu disebut memiliki kesempatan bagus untuk bertahan hidup dan tidak dianggap begitu menular. “Kami rasa, kami akan segera mencegah wabah ini,” kata Boubacar Diallo, wakil manajer peristiwa untuk tanggap Ebola WHO seperti dilansir Reuters.

Belum diketahui pasti bagaimana kasus pertama, tukang listrik berusia 26 tahun, tertular virus Ebola. Dia dikabarkan tidak melakukan kontak dengan pasien Ebola lainnya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.