Obama Dukung Joe Biden Gantikan Trump

by -

METROPOLITAN – Mantan presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, pada Selasa (14/4) mengatakan bahwa dia mendukung Joe Biden, man­tan wakilnya ketika menjabat, melaju ke Gedung Putih.

Dalam sebuah video yang diunggah di Twitter, Obama berbicara tentang kepemim­pinan Biden yang sesuai dengan Gedung Putih. “Itulah mengapa saya begitu bangga mendukung Joe Biden untuk menjadi presiden AS,” kata Obama.

“Memilih Joe sebagai wakil presiden merupakan salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat, dan dia menjadi teman baik saya,” ujar Obama seperti dilansir Jawa Pos dari Antara. “Saya juga yakin Joe memiliki semua karakteristik yang kita butu­hkan dalam diri seorang pre­siden saat ini,’’ imbuhnya.

Biden, yang me-retweetvideo tersebut, mengatakan bahwa dukungan Obama sangat berarti. “Kami akan melanjut­kan kemajuan yang kita buat bersama, dan tidak ada orang lain yang saya inginkan untuk berdiri di samping saya,” kata mantan wakil presiden AS itu.

Pekan lalu, Biden menjadi calon presiden dugaan dari Partai Demokrat setelah rival­nya, Senator AS Bernie Sanders, menghentikan kampanyenya. Sanders, yang sebelumnya mengampanyekan kebijakan progresif, menyatakan dukungan kepada Biden, veteran politik yang moderat, pada Senin (13/4).

Dalam video yang dirilis pada Selasa itu, Obama tidak menyebutkan Petahana Presi­den AS Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik, tetapi sempat menyinggung cara pemerintah AS menanga­ni wabah korona yang sedang melanda negara tersebut.

“Pandemi memiliki cara un­tuk menembus kebisingan dan kehebohan guna mengingatkan kita tentang hal-hal yang nya­ta dan penting,” tuturnya. “(Pan­demi) ini mengingatkan kita bahwa pemerintahan yang baik serta fakta dan ilmu pengeta­huan sangatlah penting, aturan hukum juga penting, dan me­miliki pemimpin yang berwa­wasan dan jujur serta berupaya menyatukan rakyat, alih-alih memecah belah mereka, pe­mimpin seperti itu juga penting,” imbuhnya.

Brad Parscale, manajer kam­panye pencalonan kembali Trump, membalas dengan pernyataan yang berbunyi, “Biden adalah satu-satunya kandidat yang tersisa di De­mokrat, Obama tidak punya pilihan selain mendukungnya.” (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *