3.000 Warga Ciawi Dapat Bantuan Nontunai

by -

METROPOLITAN – Se­kitar 3.000 warga Kecama­tan Ciawi bakal menerima Bantuan Pangan Non Tu­nai (BPNT) dari pemerin­tah pusat melalui Bank Mandiri. Jumlah tersebut adalah tambahan dari pe­nerima sebelumnya yang melalui BNI.

Menurut pendamping Tenaga Kesejahteraan So­sial Kecamatan (TKSK) Ciawi, Yoyoh, mekanisme penyalurannya adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengambil langsung bahan makanan yang sudah disediakan di agen. Setiap KPM biasanya bakal di­kenakan biaya gesek sebe­sar Rp10 ribu.

”Kalau penyedia bahan pangannya saya tidak tahu. Nama PT-nya kurang hafal, tugas saya hanya pendam­pingan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, setiap KPM menerima bahan pangan berupa tempe, tahu, kacang-kacangan, telur, buah dan beras. Se­tiap barang yang jelek bisa ditukar ke penyedia barang. ”Tapi karena ingin cepat, penerima KPM biasanya ngambil saja, meski ba­rangnya kurang baik,” ka­tanya.

Terpisah, Pembina Forum Masyarakat Ciawi Peduli (Formacip), Ujang, meny­ampaikan, harus ada pengawasan ekstraketat dari pemerintah.

Ini terkait data yang ada, karena tak menutup kemungkinan adanya dou­ble penerima dari PKH dan KPM.

“Artinya, ada kemun­gkinan satu keluarga me­nerima dua program, dari PKH dan BPNT. Itu harus betul-betul dipantau,” im­baunya.(ash/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *