Alhamdulillah, Jalan Putatnutug-Gerendong Mulai Terang

by -

METROPOLITAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Ka­bupaten Bogor bergerak cepat merespons keluhan dan as­pirasi warga atas minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Putatnutug- Geren­dong, Kecamatan Ciseeng. Pemasangan terpusat di area TPU Gerendong lantaran ra­wan aksi kejahatan pencu­rian dengan kekerasan (curas) alias pembegalan.

Petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Prasarana dan Perlengkapan Perhubungan Wilayah IV Dis­hub Kabupaten Bogor tampak terjun ke lokasi guna mela­kukan perbaikan dan pema­sangan lampu PJU di sekitar lokasi jalan tersebut.

Saat lakukan pemasangan, petugas Dishub menemukan keganjalan lantaran kabel sepanjang 500 meter hilang. Tidak hanya kali ini, seringnya hilang kabel tersebut akibat tidak adanya permukiman penduduk di sekitar lokasi.

Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubag TU) UPT Pengelolaan Prasarana dan Perlengkapan Perhubungan Wilayah IV Jaya Kasya men­gatakan, di sepanjang jalan tersebut dimulai dari perti­gaan Putatnutug sudah ada sekitar 18 lampu PJU. “Hari ini kami perbaiki dan mema­sang dua unit lampu PJU baru di lokasi itu. Besok (hari ini, red) akan dipasang dua unit lagi, karena butuh penamba­han kabel jaringan listrik,” ujarnya.

Dari hasil pengecekan di lapangan, ia menemukan hampir 500 meter kabel ja­ringan listrik dari arah TPU Gerendong hingga Jembatan Gerendong telah raib dijarah pencuri. Jaya menjelaskan, tugas pokok UPT adalah mem­perbaiki dan melakukan pe­rawatan prasarana rambu dan alat lalu lintas. “Kalau penam­bahan titik lampu PJU baru, itu kewenangan Dishub Ka­bupaten Bogor,” katanya.

Sementara itu, Kepala Urusan Pelayanan Masyarakat Desa Putatnutug Bambang Pur­wanto, yang ikut dalam kegia­tan tersebut, mengaku Pemerin­tah Desa Putatnutug beren­cana mengaktifkan petugas linmas desa untuk berpatroli rutin di sekitar lokasi tersebut. Selain itu, kepala desa akan membangun pos keamanan. “Di sepanjang jalur jalan ini memang tidak ada permukiman warga. Maka kami akan menu­gaskan linmas desa untuk patroli sebagai upaya memi­nimalisasi terjadinya aksi ke­jahatan di jalanan,” pungkas­nya. (khr/mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *