Catat! Mapel Agama tak Dilebur dengan PPKN

by -
SIMULASI: Pihak sekolah sedang menggelar simulasi untuk pelaksanaan UNBK 2020.

METROPOLITAN – Men­teri Pendidikan dan Kebu­dayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menegaskan hingga kini tidak ada kepu­tusan mengenai peleburan mata pelajaran (mapel) aga­ma dengan mapel lainnya.

”Salah satu dari sepuluh bagian dari peta jalan pendi­dikan adalah memperbaiki kurikulum nasional, peda­gogi dan penilaian. Saya ingin menegaskan bahwa tidak ada keputusan pelebu­ran mapel agama dengan lainnya,” ujar Nadiem.

Ia menambahkan, tidak ada keputusan maupun rencana sampai saat ini mengenai peleburan mapel agama dengan lainnya. Tim Kemen­dikbud melakukan berbagai macam skenario dan peren­canaan mengenai peram­pingan atau penyederhanaan kurikulum sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

”Tapi kami tegaskan lagi, tidak ada rencana atau kepu­tusan mata pelajaran agama,” katanya.

Hingga kini mapel agama masih menjadi subjek mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Karena itu, Nadiem meminta masyarakat tidak lagi bingung.

Saat ini, Kemendikbud se­dang membahas mengenai penyederhanaan kurikulum yang disertai penyusunan berbagai modul pendu­kungnya.

Munculnya isu mengenai peleburan mapel agama itu berawal dari salinan rancangan penyederhanaan kurikulum yang menggabungkan mapel agama dan PPKN.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta agar pelebu­ran itu tidak dilakukan ka­rena dua mata pelajaran ter­sebut (agama dan PPKN) memiliki filosofi dan muatan yang tidak bisa digantikan satu sama lain.

Materi mapel agama, lanjut Huda, perlu menanamkan nilai-nilai agama pada pe­serta didik. Nilai agama yang dimaksud, yakni nilai tole­ransi, nilai inklusivitas dan sikap moderasi dalam kehidu­pan. (lip/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *