IPB University Masuk Top 540 Universitas Dunia

by -

METROPOLITAN – IPB University masuk jajaran Top 540 universitas dunia menurut QS World University Ranking, tepatnya di posisi 531-540. Posisi itu meningkat 100 peringkat dibandingkan tahun lalu. Sebelumnya, IPB menempati posisi antara 610-650.

”Kami bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perankingan QS WUR. Ini hasil kerja keras kita semua dalam program peningkatan kinerja penelitian dan internasionalisasi, seiring makin tingginya semangat menghasilkan inovasi,” terang Rektor IPB, Arif Satria, melalui keterangan tertulisnya.

Arif menyatakan, peningkatan posisi ini terus dipertahankan di tahun-tahun mendatang. Caranya melalui peningkatan publikasi, kesiapan dan kualifikasi lulusan, internasionalisasi dan reputasi. “Jadi, tahun depan IPB University bisa masuk Top 400 dunia,” katanya.

Sekadar diketahui, QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas yang menjadi rujukan utama berbagai perguruan tinggi di dunia. Tahun ini ada delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Indonesia yang masuk pemeringkatan.

Selain itu, QS World University Ranking juga mengumumkan IPB berada pada peringkat 59 dunia untuk kategori Subject on Agriculture and Forestry. Meski demikian, Arif menyatakan bahwa pemeringkatan ini bukan tujuan IPB. IPB University lebih pada hasil proses penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara progresif dan inovatif.

”Orientasi IPB University tetap pada kontribusi sebesar-besarnya pada penguatan inovasi untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa. Dalam sepuluh tahun terakhir, IPB University adalah penghasil inovasi terbanyak (39 persen) menurut Business Innovation Center,” kata Arif.(drm/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *