Kader PKK Rela Begadang demi Masak Nasi Bungkus

by -

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Cibalung mendirikan dapur umum Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu). Gerakan ini melibatkan kader PKK, staf desa, ketua RT/RW, linmas dan masyarakat setempat. Sedikitnya ada 600 porsi nasi bungkus yang dibagikan

KETUA TP PKK Desa Ci­balung, Lilis Tarwiyah, men­gatakan, seluruh kadernya digerakkan untuk membuat masakan. Bahkan, sejak pu­kul 03:00 WIB, para kader telah diminta memasak. “Masaknya dini hari supaya selesai jam 8. Kalau pendist­ribusiannya nanti sama bapak-bapaknya,” ungkapnya.

Lilis mengungkapkan, Ga­sibu merupakan program Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk mengurangi beban warga terdampak Co­vid-19. “Kader biasanya menginap di rumah yang dijadikan posko dapur umum dan mulai memasak dari jam 3 dini hari,” ujarnya.

Menurut Lilis, pembagian Gasibu akan dilakukan dua kali, yakni Kamis dan Jumat. ”Untuk Jumat ada 600 bung­kus pertama yang habis di­bagikan ke jamaah yang selesai menunaikan salat Jumat. Kamis, kami bagikan lagi 600 bungkus khusus ma­syarakat dan pondok pesan­tren. Mudah-mudahan pen­distribusiannya lancar dan sukses,” katanya.

Sementara itu, tokoh ma­syarakat Cibalung, Rusyadi, mengaku berterima kasih atas peran aktif kader PKK dan pemerintah desa yang antu­sias menjalankan program Gasibu. ”Saya atas nama to­koh masyarakat sangat men­dukung kegiatan Gasibu. Terima kasih kepada instan­si terkait yang telah mem­bantu program ini,” tuturnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *