Pemdes Rancabungur Sudah Distribusikan Semua Jenis Bantuan

by -

Ribuan paket sembako yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah disebar Pemerintah Desa (Pemdes) Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, di 44 RT dan sebelas RW. Bantuan ini untuk warga terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Desa Rancabungur Sumantri menuturkan, ban­tuan tersebut antara lain ban­tuan presiden (Kemensos) untuk 331 Kepala Keluarga (KK) dengan uang tunai Rp600.000 untuk setiap pene­rima manfaatnya. Sedangkan untuk Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov) disalurkan kepada 282 KK. “Banprov ini dalam bentuk uang tunai se­nilai Rp150.000 dan paket boks sembako,” paparnya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia mengatakan, setiap ban­tuan yang didistribusikan dibantu aparatur desa, se­perti bhabinkamtibmas, ba­binsa, LPM, BPD dan keikut­sertaan kawula muda dari karang taruna. Sekretaris Desa Rancabungur Yanto me­nambahkan, terdapat juga Bantuan Bupati Bogor (Ban­bup) yang disalurkan kepada 503 KK berupa beras. ”Setiap penerima manfaat banbup ini mendapatkan 30 kilogram beras. Sedangkan untuk ban­tuan perluasan sembako ATM Mandiri sebanyak 469 pene­rima manfaat,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi Pe­merintah Desa Rancabungur Dodi mengatakan, selain ban­tuan tersebut, terdapat juga Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) APBN 2020. Untuk DD ini disalurkan kepada 141 KK dengan bantuan uang tu­nai senilai Rp600.000. Ia mengaku sudah mengajukan untuk 799 KK yang belum mendapatkan bantuan. “Ka­mi berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” pungkasnya. (yos/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *