TNGHS Berhasil Kembangbiakan 28 Ekor Elang Jawa

by -

METROPOLITAN – Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) berhasil mengembangbiakkan elang jawa. Sedikitnya ada 28 ekor elang jawa yang diternakkan di Pusat Suaka Elang Jawa, Blok Loji, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong.

Kepala Balai TNHGS, An­war Munawir, mengatakan, suaka marga satwa Loji terus mengembangkan dan me­rawat burung yang juga menjadi lambang negara yaitu garuda.

”Nanti selesai direhab, baik kandang atau penangkaran­nya, kami akan bawa elang jawa di Jawa Tengah, Jawa Timur atau Sumatera untuk dikembangbiakkan lagi di sini,” ungkapnya.

Tak hanya dikembangbiak­kan, di Pusat Suaka Elang, binatang unggas tersebut juga dilatih untuk bisa sur­vive di alam bebas. ”Karena kami akan kembalikan lagi ke alam agar elang jawa tidak sampai punah,” terangnya.

Ia juga meminta wisatawan yang berniat berkunjung ke Suaka Elang pada masa Co­vid-19 agar mengurungkan niatnya. Sebab, Suaka Elang masih ditutup untuk batas waktu yang belum ditentu­kan. ”Sementara ini Suaka Elang Loji kami tutup se­mentara, sampai ada pen­jelasan atau imbauan untuk bisa dibuka kembali oleh pemerintah,” ujarnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *