BBKSDA Evakuasi Lutung Jawa Peliharaan Warga Jonggol

by -

METROPOLITAN – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah I Jawa Barat menerima hewan primata jenis lutung jawa atau Trachypithecus auratus dari Hasanudin warga Kampung Cibucil, RT 08/03, Desa Su­kamanah, Jonggol, Kabupaten Bogor. Hewan jenis primata dan masih keluarga surili itu diserahkan secara sukarela karena pemiliknya sadar he­wan peliharaannya masuk kategori dilindungi negara.

”Alhamdulillah, masyarakat khususnya di wilayah I Jawa Barat semakin sadar bahwa dilarang memelihara atau menjualbelikan hewan atau satwa dilindungi. Hari ini kami menerima seekor lutung jawa berjenis kelamin betina dari Hasanudin warga Keca­matan Jonggol,” kata Polisi Hutan BBKDA wilayah I Jawa Barat, Sudrajat.

Ia menerangkan, selain lu­tung jawa, sebelumnya juga ada warga Kecamatan Ci­leungsi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur yang me­nyerahkan hewan primata jenis siamang dan surili. ”He­wan primata seperti lutung jawa, siamang dan surili me­mang termasuk hewan yang favorit untuk dipelihara. Te­tapi karena ini termasuk hewan dilindungi maka kami pun terus melakukan sosialisasi akan Undang-Undang RI No­mor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pa­sal 21 ayat 2 bahwa perda­gangan dan pemeliharaan satwa dilindungi, termasuk kukang adalah dilarang, di mana para pelanggarnya da­pat dikenakan hukuman pi­dana penjara lima tahun penjara dan denda Rp100 juta,” terangnya.

Ia menjelaskan, dikarenakan hewan jenis primata seperti lutung jawa rawan menular atau tertular penyakit, apal­agi saat ini Kabupaten Bogor masih dalam kondisi pan­demi Covid-19, maka dalam proses evakuasi petugas pun menggunakan masker dan sarung tangan. ”Sesuai pro­tokol kesehatan, kami dalam proses evakuasi seekor lutung jawa ini kami menggunakan masker dan sarung tangan. Hewan dilindungi ini akan kami serahkan ke Lembaga Konservasi Suaka Satwa di Desa Cibeureum, Cisarua, dan akan dilepasliarkan di habi­tatnya setelah dinyatakan sehat dan layak,” tutur Ajat, sapaan akrabnya. (ink/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *