Bebas dari Sanksi

by -

METROPOLITAN – Manchester City dapat bernapas lega usai menang banding atas Court of Arbitration for Sport (Cas) alias Pengadilan Arbitrase Olahraga. Mereka dipastikan dapat bermain di Liga Champions musim depan.

Sebelumnya, Manchester City sempat dijatuhi sanksi oleh UEFA di Februari kema­rin, berupa larangan tampil selama dua tahun di kompetisi Eropa. Hal itu dikarenakan pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Manchester City memanipulasi dana sponsor pada rentang musim 2012 hingga 2016

Sejak bulan lalu, Manchester City sudah mengajukan banding ke Cas. Pada Senin (13/7), Manchester City memenangi bandingnya. ­

”Manchester City FC dinyata­kan tidak bersalah terkait penyalahgunaan dukungan sponsor. Sayangnya mereka gagal mengomunikasikannya dengan para pejabat UEFA,” ujar pernyataan resmi CAS.

Namun, Manchester City ma­sih dikenai denda. Mereka harus membayar sebanyak 10 juta euro atau setara Rp163 miliar kepada UEFA.

Kemenangan atas banding Manchester City itu bagaikan sebuah kemenangan besar. Tak ayal, City bakal rugi besar kalau tidak bisa tampil di Liga Champions musim depan.

Rugi besarnya itu pertama dari pemasukan klub. Jika tak tampil di Liga Champions, maka mereka tak akan menda­patkan jatah hak siar dan spon­sor. Kedua, dari sisi para pemain. Jika tidak tampil di Liga Cham­pions, Manchester City bisa saja ditinggalkan pemain bintang seperti Kevin De Bruyne, Ra­heem Sterling, dan lainnya yang masih ingin berlaga di kom­petisi tertinggi antarklub Eropa.

Ketiga, Manchester City masih belum pernah memenangi juara Liga Champions sejak dibeli Sheikh Mansour di tahun 2008 dan disulap jadi klub berisikan pemain top dunia. The Citizens masih penasaran bagaimana rasanya memegang trofi ’Si Kuping Besar’.

Maka kini, Manchester City bisa fokus untuk menyelesaikan kompetisi liga. Selain itu, anak-anak asuh Pep Guardiola juga masih bisa melangkah lebih jauh di Liga Champions musim ini.

Mereka masih akan menja­lani leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim ini menghadapi Real Madrid di Etihad Stadium. Mereka mengantongi kemenangan 2-1 dari leg pertama di Santiago Bernabeu. (dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *