BPTJ Siapkan Trayek Baru Bus Bogor-Jakarta

by -

METROPOLITAN – Badan Peng­elola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana meluncurkan layanan bus reguler trayek Bogor- Jakarta. Ini dilakukan dengan dalih membantu pengguna Ke­reta Rel Listrik (KRL) yang tak tertampung saat jam sibuk.

Kepala BPTJ Polana B Pra­mesti mengatakan, sejauh ini pemerintah mengerahkan bus-bus gratis untuk mengang­kut para pelaju yang tak ter­tampung KRL tersebut. Walau­pun cukup mampu menga­tasi penumpukan penumpang, penyediaan bus gratis tersebut tidak mungkin menjadi so­lusi tetap.

“Sejak awal kami meluncurkan bus gratis tersebut pada 15 Mei 2020, sudah kami infor­masikan bahwa jika kebutuhan terus meningkat dan muncul demand yang konsisten, tidak menutup kemungkinan akan kami luncurkan layanan bus reguler,“ kata Polana, kemairn..

Baca Juga  Setahun, Suntik Bantuan Rp50 Juta per RT

Ia berharap masyarakat pe­laju Bogor-Jakarta pada Agus­tus 2020 sudah dapat meman­faatkan angkutan alternatif reguler agar tidak hanya ter­gantung pada KRL. Menyusul pelaksanaan adaptasi kebia­saan baru sering terjadi lon­jakan penumpang KRL pada waktu-waktu tertentu.

Sementara kapasitas penum­pang KRL sendiri selama masa pandemi dibatasi mak­simal 35 45 persen untuk me­menuhi ketentuan physical distancing, yang mengakibat­kan seringnya terjadi penum­pukan penumpang.

Dari evaluasi yang dilakukan, Polana menyebut potensi demand ada dan saat ini se­dang dilakukan kajian untuk memperkuat rencana pelun­curan layanan tersebut. “Ben­tuk layanan nantinya adalah bus Jabodetabek Residential Connexion (JR Conn) dengan rute point to point,” ucapnya.

Ia menjelaskan sifat layanan bus JR Conn ini titik pembe­rangkatan bukan dari termi­nal bus, tetapi diupayakan dari titik yang lebih terjangkau dari pemukiman calon pe­numpang (asal, red) menuju titik tertentu (tujuan, red) di Jakarta. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi pe­numpukan calon penumpang di stasiun ataupun terminal. (bis/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *