Duit Hadiah untuk Bangun Kampung Wisata

by -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dipastikan bakal mendapatkan kucuran dana segar dari pemerintah pusat senilai Rp11 miliar. Hal itu lantaran beberapa waktu lalu Kota Bogor berhasil menggondol empat dari tujuh penghargaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dalam Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19.

KEPALA Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bap­peda) Kota Bogor Hanafi menjelaskan keempat kate­gori penghargaan tersebut yakni juara satu dalam kate­gori pasar modern dan tra­disional, juara satu kategori restoran Lomba Inovasi Dae­rah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19, dan juara dua kategori wisata.

Dalam setiap kategori yang dilombakan, pemerintah daerah berhak atas dana in­sentif daerah dari Kemen­dagri sebesar Rp3 miliar untuk juara pertama, Rp2 miliar untuk juara kedua dan Rp1 miliar untuk juara ke­tiga. “Dari ajang ini, alham­dulillah Pemkot Bogor menda­patkan insentif Rp11 miliar,” katanya.

Dana segar tersebut nanti­nya bakal diterima Pemkot Bogor dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID).

Pihaknya mengaku sudah memanggil sejumlah instan­si yang memang nantinya bakal terlibat dalam peng­alokasian dana tersebut.

”Kita sudah mengumpulkan semua instansi untuk me­mikirkan peruntukannya untuk apa nanti, yang pasti akan kita gunakan untuk mendukung New Normal ini. Dan yang pasti bukan untuk beli mobil dinas,” ucapnya dengan canda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Atep Budiman mengatakan, pada perlom­baan antar-pemerintah ter­sebut, sektor pariwisata ber­hasil menyumbang dua penghargaan dari empat yang berhasil digondol Pemkot Bogor.

”Dari sektor restoran, Rumah Makan Bumi Aki di Jalan Pa­jajaran berhasil meraih jua­ra satu. Untuk wisata, Kebun Raya Bogor berhasil raih juara dua. Jadi kita berhasil sumbang ke kas daerah Rp5 miliar dari sektor pariwisata,” ungkapnya.

Uang hadiah Kemendagri tersebut nantinya akan di­gunakan untuk mengembang­kan potensi eduwisata Kota Bogor, seperti yang ada di Kelurahan Mulyaharja, Ke­camatan Bogor Selatan. (ogi/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *