Fakultas Ekonomi Unpak Bahas Human Capital 4.0 dan New Normal

by -

METROPOLITAN.id – Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan (Unpak) menggelar seminar daring bertajuk ‘Human Capital Era 4.0 dan New Normal’, Sabtu (4/7). Tujuannya, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di era 4.0 agar bisa beradaptasi di masa New Normal.

Seminar ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang. Yakni Dosen Manajemen SDM Fakultas Ekonomi Unpak Wonny Ahmad Ridwan, Praktisi Human Capital dan Risk Assesment di Industri Arief Bintoro Dibyosaputra dan Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji.

Sedikitnya, diskusi dari ini diikuti sekitar 688 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari instansi pemerintah, kedutaan besar, kementerian, pemerintah daerah, perusahaan, pelaku usaha, perwakilan berbagai perguruan tinggi, SMA, jajaran Yayasan Pakuan Siliwang, Rektorat Unpak dan Dekanat Fakultas Ekonomi Unpak.

Baca Juga  BBM Naik, Mahasiswa Demo Istana

Rektor Unpak, Bibin Rubini mengatakan, human capital sangat penting dalam kehidupan sosial, termasuk dalam organisasi. Maju mundurnya organisasi akan tergantung pada sumber daya serta kemampuan pada seorang pemimpin.

Menurutnya, ada lima komponen utama pada human capital. Pertama, kemampuan individual, yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter. Kedua, motivasi individual. Ketiga, leadership atau kepemimpinan.

Keempat, kebersihan organisasi, lingkungan yang bersih akan membentuk pikiran yang bersih, sehingga berdampak positif bagi nuansa kerja dan kinerja yang bersih juga. Kelima, efektifitas kerjasama kelompok, dimana keberhasilan kelompok atau organisasi sangat tergantung pada ada tidaknya kerjasama yang baik antara semua komponen dalam kelompok atau organisasi.

“Mudah-mudahan dengan semua paparan para exper, kita bisa membentuk organisasi yang baik, yang bagus, di era 4.0 dan adaptasi new normal ini,” kata Bibin.

Baca Juga  Ayo Ikuti Webinar Bogor Leaders Talk, Bahas Pemuda dan Kemajuan Bangsa dengan Pemateri Luar Biasa

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unpak, Hendro Sasongko mengatakan, webinar ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan di bidang SDM dalam mempersiapkan SDM di era industri 4.0 dan mampu beradaptasi pada era new normal.

Human capital pada prinsipnya menjadi bagian dari manajemen sumber daya manusia. Hanya saja, pengelolaan dan pengembangan kemampuan manusia sebagai sumber daya lebih berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang dapat mendukung pengembangan organisasi atau perusahaan.

Fakultas Ekonomi Unpak saat ini memiliki program studi Manajemen dan program studi Akuntansi. Secara berkelanjutan terus melakukan berbagai kegiatan webinar sebagai implementasi program kerja Fakultas Ekonomi dan Program Studi yang ada didalamnya untuk berbagi ilmu dan pengetahuan dalam menghadapi permasalahan terkini.

Baca Juga  Tenaga Pendidik Kena Covid, Kampus Unpak Dilockdown

“Mudah-mudahan Webinar ini memberi nilai tambah untuk kita semua, karena ada banyak expert. Terima kasih juga untuk panitia yang sudah kerja keras untuk selalu menggelar webinar yang berkualitas,” pungkasnya. (ryn/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *