Gugus Tugas Covid-19 Siapkan 2.000 Tes Kit

by -

METROPOLITAN – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjalani tes usap atau tes swab Covid-19 di Gedung Sate, Senin (27/7). Sebelumnya, mereka melakukan registrasi kemudian mengantre di aula barat dan aula timur sejak pagi hari.

Para ASN itu awalnya mela­kukan registrasi melalui apli­kasi Pikobar, kemudian satu per satu diambil sampel cairan dari hidung dan mulutnya. Setelah menjalani tes swab, mereka pun menjalani peker­jaannya seperti biasa di Gedung Sate.

Sejumlah ASN terlihat bersin atau mengeluarkan air mata setelah menjalani swab test tersebut. Beberapa di antara­nya merasa tidak nyaman pada bagian hidungnya sete­lah dimasuki alat pengambil sampel.

Seorang ASN, Silvi Saptia (34), mengaku awalnya deg-degan saat mengetahui akan digelar swab test di Gedung Sate. Namun saat menjalaninya, tes ini tidak semengerikan yang dibayangkan.

”Banyak orang yang ikutan juga, semuanya. Kan jadi nggak keueung (ngeri, red). Katanya kan sakit, tapi tidak juga ter­nyata. Tergantung posisi ke­pala dan duduk saat melakukan tes sepertinya,” katanya.

Peserta tes lainnya, Irlanda (26), mengaku kesakitan saat dilakukan pengetesan tersebut. Akhirnya matanya pun berair dan merasa tidak nyaman sam­pai ujung hidungnya.

”Nyerinya sampai ke mata ya. Tapi sesaat saja kok. Ke sininya baik saja. Rasanya mungkin seperti kemasukan air ke hidung, agak perih,” katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Per­cepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Barat (Jabar), Daud Achmad, menjelaskan hal tersebut adalah kegiatan pe­lacakan rutin yang dilakukan Divisi Pelacakan dan Pengujian Massal di Gugus Tugas Perce­patan Penanggulangan Co­vid-19 Jabar.

”Kegiatan ini sesuai agenda dari Divisi Pelacakan dan Pen­gujian Massal. Disiapkan 2.000 tes kit di Gedung Sate,” katanya di Gedung Sate, Senin (27/7). (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *