Hore… Bus Uncal Beroperasi Lagi

by -

METROPOLITAN – Bus pariwisata Kota Bogor atau Bus Uncal, bakal dikelola Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor. Rencana tersebut diambil Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, untuk menghidupkan kembali geliat PDJT yang selama ini redup.

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, keputusan dikelolanya bus uncal oleh PDJT, juga berperan untuk menghidupkan pariwisata di Kota Bogor. Dedie ingin, dengan dikelolanya bus uncal oleh PDJT, bus tersebut bisa beroperasi layaknya bus bandros di Bandung.

“Kita juga berencana menghibahkan bis uncal untuk dapat beroperasi oleh PDJT seperti di Bandung bis bandros, sekali jalan sekitar Rp 20 ribu perorang. Kan lumayan untuk pemasukan internal PDJT,” kata Dedie saat ditemui Metropolitan.

Tak hanya itu, dengan dioperasikannya bus uncal oleh PDJT dari Dinas Perhubungan, hal tersebut juga mengurangi anggaran perawatan yang selama ini dikucurkan Pemkot Bogor untuk bus uncal di setiap tahunnya, sebesar Rp 700 juta untuk lima bus uncal pertahun.

“Karna Bus Uncal itu di Dishub disubsidi oleh kita pertahun itu Rp700 juta, jadi dari pada kita subsidi terus kita tidak terima pemasukan, lebih baik bus ini dioperasikan PDJT agar menyelamatkan PDJT agar punya penghasilan, dan juga untuk menghapus biaya subsudi Bus Uncal itu sendiri,” tutupnya. (ogi/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *