Kitab dan Pakaian Santri Nurul Iman Darusalam Ludes Terbakar

by -

METROPOLITAN – Diduga akibat korsleting listrik, si jago merah melahap Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman Darusalam di Kampung Tutul, RT 01/05, Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabu­paten Bogor, Minggu (26/7).

Informasi didapat, peristiwa itu terjadi saat para santri se­lesai mengaji sekitar pukul 11:00 WIB. Namun tiba-tiba dua santri mengalami kepa­nasan dari kamar tengah. Mengetahui adanya api mem­besar, santri pun langsung keluar dan meminta tolong.

Pengasuh Pondok Pesantren, H Muhamad Toha, menjelas­kan kebakaran itu terjadi se­telah selesai mengaji. Namun tiba-tiba santri merasa kepa­nasan dalam kamar pondok pesantren. ”Dua santri ada di kamar. Karena kamar berjum­lah empat. Saat santri keluar, tiba-tiba api sudah membesar,” katanya.

Ia menuturkan, beruntung api cepat dipadamkan setelah warga dan para santri mem­bantu memadamkan kobaran api tersebut. Api cepat dipa­damkan sekitar satu jam dari awal kebakaran. ”Ada empat kamar yang hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa, hanya saja perlengkapan milik santri, seperti kitab dan pakaian hangus terbakar,” bebernya.

Toha menyebut api diduga berasal dari korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran. Saat ini para santri laki-laki diungsingkan ke kamar sebe­lah. ”Untuk pengajian rutin tetap seperti biasa, tidak ter­hambat. Meski kamar para santri hangus terbakar,” ucap­nya.

Sekretaris Desa Cidokom Adung menambahkan, keba­karan itu menghanguskan beberapa kamar. ”Kan pondok itu berbahan yang mudah terbakar. Jadi saat kejadian langsung hangus,” ujar Adung.

Terpisah, Kapolsek Rumpin Kompol Asep Supriyadi mem­benarkan adanya kebakaran di Desa Cidokom. ”Iya, tapi tidak ada korban jiwa. Rumah itu bilik,” pungkas Asep. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *