Pasien Corona Indonesia Pecah Rekor

by -
ilustrasi

METROPOLITAN – Indonesia mencatatkan rekor baru jumlah penambahan pasien baru positif corona. Tercatat ada penambahan 1.853 kasus baru per ke­marin. Pengumuman itu disampaikan langsung Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Tambahan ini menjadi paling tinggi sejak pasien pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan per­dana pada Kamis (2/7). Di mana kasus positif harian corona mencapai 1.624 kasus.

Dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, dengan tambahan kasus tersebut, total positif corona di Indo­nesia mencapai 68.079 orang. ”Sehingga total (kasus positif, red) 68.079 (orang, red),” kata Yurianto.

Menurut pria yang juga Dir­jen P2P Kementerian Keseha­tan tersebut, dari 1.853 kasus hari ini (kemarin, red), terba­nyak didapatkan dari Pro­vinsi Jawa Timur yakni dengan tambahan 366 kasus baru. Di tempat selanjutnya adalah DKI Jakarta 357 kasus baru, Jawa Tengah 205 kasus baru, Su­lawesi Selatan 166 kasus baru, Sumatera Utara 156 kasus baru dan dari provinsi-provinsi lain­nya. ”Gambaran ini membe­rikan tanda bahwa sebagian masyarakat belum disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Yurianto menjelaskan, me­ski ada penambahan 1.853 kasus, tidak serta-merta me­ningkatkan pasien yang dira­wat di rumah sakit. Sebab, sebagian besar kasus yang ditemukan adalah orang dengan gejala minimal dan tidak memerlukan isolasi di rumah sakit.

Baca Juga  Sang Bunda Kaget Rumahnya Didatangi Pihak Puskesmas

”Namun mereka diminta isolasi mandiri dengan pro­tokol kesehatan agar tidak menjadi sumber penularan baru,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dari ku­mulatif kasus positif 68.079 kasus per Rabu (8/7), seba­nyak 31.585 orang dinyatakan sembuh dan 3.359 orang lain­nya meninggal dunia. Pemerin­tah hari ini berhasil meme­riksa sebanyak 22.183 spesi­men. Dengan demikian, total kumulatif yang telah diperik­sa mencapai 968.237 spesimen. (cnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *