PDAM Tirta Kahuripan Verifikasi Data Pelanggan Sentul City

by -

METROPOLITAN – Direktur Operasi PT Sukaputra Graha Cemerlang (SGC) Joni Ka­waldi menyebut verifikasi data pelanggan air minum di perumahan Sentul City oleh PDAM Tirta Kahuripan meru­pakan bagian dari tahapan administrasi pada masa pera­lihan pengelolaan layanan air minum di kawasan tersebut.

“Tahapan verifikasi ini dalam proses peralihan penyeleng­garaan SPAM dari PT Sentul City Tbk, dalam hal ini PT SGC ke PDAM Tirta Kahuripan sesuai Surat Keputusan Bu­pati Bogor Nomor 693/309/ Kpts/Per-UU/2019 tanggal 31 Juli 2019, yakni surat keputu­san yang mengatur masa transisi pengelolaan air mi­num,” kata Joni.

Pernyataan Joni itu menang­gapi beredarnya informasi yang menyesatkan di lingkungan pelanggan air minum di pe­rumahan Sentul City, bahwa seolah-olah SGC dipaksa mela­kukan verifikasi pelanggan. “Verifikasi pelanggan ini merupakan bentuk kepatuhan SGC terhadap ketentuan hukum yang berlaku,’’ jelasnya.

Menurut Joni, setelah veri­fikasi data pelanggan air exis­ting dinyatakan rampung, akan dilanjutkan ke tahap migrasi data pelanggan, serta beber­apa penyelesaian adminis­trasi dan teknis lainnya. “Se­telah semua rampung baru pemerintah Kabupaten Bogor akan menentukan bagaimana sistem pengelolaan air minum untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan peruma­han Sentul City,’’ ujar Joni.

Dalam proses pelaksanaan tahapan administrasi dan tek­nis di masa transisi ini, Joni meminta pelanggan wajib memenuhi kewajiban pem­bayaran atas pemakaian air bersih, minum kepada PT SGC yang ditunjuk sebagai pelaks­ana operasional pelayanan air minum sesuai SK Bupati Bogor No.693/309/Kpts/Per-UU/2019 tanggal 31 Juli 2019.

Menurutnya, verifikasi pe­langgan ini dilakukan sebagai bentuk kepatuhan SGC ter­hadap hukum. Sesuai undang-undang, maka izin SPAM Ba­dan Usaha Swasta akan berakhir pada saat PDAM sudah mam­pu melayani wilayah pelayanan SPAM tersebut.

Sehubungan dengan telah keluarnya SK Bupati yang menunjuk PDAM Tirta Kahu­ripan untuk menyelenggara­kan SPAM Sentul City, maka saat ini telah dilakukan transi­si antara SGC ke PDAM Tirta Kahuripan yang saat ini me­masuki tahap verifikasi pe­langgan.

PDAM Tirta Kahuripan, la­njut Joni, atas izin SGC akan mendata seluruh pelanggan air existing di Sentul City se­cara langsung ke lapangan. “Kami nyatakan bahwa pen­dataan pelanggan existing tersebut tidak dilakukan se­cara online, karena database seluruh pelanggan masih ada di SGC, dan PDAM tidak per­nah menginformasikan ada­nya pendataan online tersebut kepada SGC,” pungkasnya. (*/ysp/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *