Pelajar Bogor Belum Bisa Masuk Sekolah

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih gamang dalam menentukan waktu masuk siswa ajaran baru 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 16 Juli. Padahal, tahun ajaran baru bakal dimulai per 13 Juli.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana, mengatakan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) ini masih menunggu penetapan bupati Bogor, mengingat pada 13 Juli masih dalam masa PSBB transisi yang diterapkan hingga 16 Juli. Rencananya, pada 13 Juli ada kepastian dalam pertemuan antara bupati dengan stakeholder pendidikan di ruang serbaguna Setda Kabupaten Bogor.

”Belum fiks, masih menunggu ditetapkan bupati. Pada 13 Juli juga kan masih dalam batas PSBB transisi sampai 16 Juli. Nanti ada pertemuan pada 13 Juli, bupati dengan stakeholder pendidikan. Soal skema, tatap muka atau daring sampai soal penerapan zonasi wilayah penyebaran Covid-19 atau bagaimana. Nanti dibahas,” katanya kepada Metropolitan, Kamis (9/7).

Jika nanti pembelajaran tahun ajaran baru siswa dimulai saat masih berlaku PSBB transisi, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020, kemungkinan besar masih akan dilakukan pembelajaran daring di semua wilayah. ”Ya betul kemungkinan begitu,” terangnya.

Mantan kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor itu juga mengakui masih ada rasa waswas dari orang tua murid jika pembelajaran dilakukan tatap muka di kelas di masa pandemi ini. Opsi skema pembelajaran berdasarkan zonasi alias melihat jumlah kasus Covid-19 di daerah tertentu, masih dilihat sebagai salah satu skema paling rasional demi keamanan dan kenyamanan siswa.

”Ya, Standar Operasional Prosedur (SOP) proses pembelajaran harus dibuat dulu oleh Satuan Pendidikan. Bisa dilakukan dua model, tatap muka atau daring. Bisa saja sistem mingguan, misal seminggu tatap muka, seminggu lagi daring. Jadi, memungkinkan anak bisa tatap muka dengan guru dua minggu dalam sebulan,” paparnya.

Sementara itu, seorang guru SDN Cikeas 02, Iyan, mengakui hingga saat ini belum mendapat informasi pasti soal hari pertama anak sekolah masuk. Menurutnya, tahun ajaran baru akan tetap berlangsung pada 13 Juli, namun hanya untuk guru dan belum ada KBM.

”Belum, kita masih nunggu, kan akhir PSBB transisi 16 Juli. Nanti infonya ada Surat Edaran dari kadisdik. Awal tahun ajaran memang betul 13 Juli. Tapi hanya untuk guru. Kalau siswa juga nunggu Surat Edaran. Nah, kita sepakat Kecamatan Sukaraja sesuai arahan pengawas, menunggu SE. Guru masuk, persiapan sekolah dan bebersih,” pungkasnya. (ryn/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *