Pembuang Sampah Liar Harus Bayar Denda Rp100 Ribu

by -

METROPOLITAN – Dua pembuang sampah divonis bersalah pada sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin. Mereka harus membayar denda Rp100 ribu setelah menerima putusan.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Bogor, Joko Widodo, mengapresiasi majelis hakim PN Cibinong hingga hakim memutuskan sanksi denda yang maksimal. ”Alhamdulillah berkat usaha menyakinkan tim penyidik PNS, maka majelis hakim memberikan sanksi denda,” kata Jokowi.

Ia menuturkan, pada sidang tersebut memutuskan empat persidangan yang divonis bersalah yang melanggar perda, di antaranya yakni Borces, PT Nilam dan dua pembuang sampah. ”Tapi untuk pelanggar Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMBG) didenda hakim tunggal dengan masing-masing denda Rp50 juta,” bebernya.

Sedangkan untuk pelanggar Perda terhadap dua orang pembuang sampah, sambung Jokowi, didenda Rp100 ribu. Keduanya warga Bojonggede bernama Budi dan Santoso. “Ke depan kita akan terus lakukan operasi tangkap tangan terhadap para pembuang sampah,” tukasnya. (mul/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *