Pendaftaran Nikah di KUA Klapanunggal Meningkat 200 Persen

by -

METROPOLITAN – Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan izin resepsi pernikahan berdampak pada banyaknya permohonan nikah di sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA). Salah satunya terjadi di KUA Kecamatan Klapanunggal. Banyak calon pengantin berbondong-bondong mendaftarkan pernikahan mereka pada Agustus.

Kepala KUA Kecamatan Klapanunggal Iwan Setiawan menyebut terjadi peningkatan jumlah pendaftar nikah untuk Agustus. Tetapi ia mengingatkan ada protokol kesehatan yang tetap diperhatikan.

“Sekarang sudah dibolehkan pelaksanaan akad nikah di rumah dan resepsi, tapi tetap ada persyaratan. Tetap jaga jarak, pakai masker dan kapasitas hanya 30 persen. Bisa dikatakan buat bulan Agustus kita ada peningkatan hingga 200 persen,” kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga menyebut ada syarat khusus bagi calon pengantin, yakni surat bukti sehat dan imunisasi dari puskesmas. Ia menambahkan, ketika resepsi diimbau agar semua tamu dan pembuat acara tetap menjunjung tinggi protokol kesehatan.

Hal senada disampaikan Kepala KUA Gunungputri Soleh Badruzaman, yang menyebut terdapat peningkatan hingga 20 persen untuk pernikahan pada Agustus. Namun, ia menyebut tidak ada surat khusus kesehatan yang harus dilampirkan pasangan yang mendaftar.

“Iya kita sudah boleh akad nikah di rumah, resepsi juga sudah boleh. Namun tetap protokol kesehatan yang utama juga. Kalau untuk tes swab sendiri, kita nggak ada karena kan itu perlu biaya juga. Sedangkan nggak semua orang punya uang untuk itu,” kata Soleh. (rol/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *