Percantik Empang, Gelar Lomba Mancing Mania

by -

Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Salah satunya dengan mengadakan ‘Mancing Mania’ sebagai bentuk perayaan.

WARGA RT 07/12 di Peru­mahan Parung Permata Indah (PPI), Desa Kalisuren, Keca­matan Tajurhalang, Kabupa­ten Bogor, menggelar lomba memancing ikan mas, kema­rin. Untuk mengentalkan nuansa nasionalisme, pani­tia memasang umbul-umbul dan bendera di lokasi peman­cingan dan peserta lomba memakai atribut berwarna merah putih. “Waktu peman­cingan lima jam, dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore diselingi makan siang atau ishoma bersama pe­serta dan panitia mancing,” ujar Ketua RT 07, Yatin Sa­hardjo.

Sementara itu, peserta man­cing, Warsidianto, mengapre­siasi kegiatan memancing yang sudah diadakan panitia dan dukungan seluruh warga PPI, khususnya warga di RT 07. “Dengan adanya kegiatan memancing ini, minimal kami bisa menyemarakkan kegiatan perayaan Agustusan di masa pandemi Covid-19. Empang yang dulunya dip­enuhi semak belukar dan tidak terawat, sekarang jadi bersih dan bagus. Ke depannya em­pang ini akan dikelola warga RT 07 untuk tempat wisata di lingkungan. “Dirinya berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin dan bisa berman­faat bagi warga di lingkungan,” katanya.

Sekitar 60 warga di ling­kungan RW 12 mengikuti mancing mania. Kebanyakan peserta mancing ikan mas ini didominasi pemancing pe­mula. Peserta lomba berasal dari RT 01 sampai RT 07. “No­tebene mereka baru pertama kali pegang joran pancing, bahkan beberapa peserta me­mancing, dibela-belain beli joran pancing. Katanya sih mereka ngga mau ketinggalab momen yang baru pertama kali diadakan Pengurus RT 07,” ujar Ketua Pelaksana Man­cing Mania, Taufik Regges. (pal/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *