Ribuan Warga Lumpang Terima Bansos Pemprov Jabar

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Provinsi Jawa Barat (Pem­prov Jabar) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap dua yang digelar mulai 8 Juli hingga ditargetkan sele­sai pada 21 Juli.

Kepala Urusan Pemerinta­han Desa Lumpang, Keca­matan Parungpanjang, Ka­bupaten Bogor, Rifki Diarsa, mengatakan bahwa penyalu­ran bansos tahap dua ini sebanyak 2.949 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Non-Data Terpadu Kesejah­teraan Sosial (DTKS) yang terdiri dari sebelas RW dan 30 RT. “Tahap dua ini data terakhir yang masuk Non-DTKS berjumlah 2.949 KRTS,” kata Rifki.

Total besaran bantuan tetap sama yaitu sebesar Rp500 ribu dalam bentuk sembako Rp350 ribu dan uang tunai Rp150 ribu. “Pemprov kerja sama dengan PT Bulog untuk menyuplai sembako, dan PT Pos untuk pengiriman ba­rangnya,” katanya.

Terkait alur pendistribusian­nya, beras dari Bulog yang ada di tiap kabupaten akan dikirim ke PT Pos di tingkat kecamatan. Dari sana PT Pos akan langsung menyalurkan bantuan ke masyarakat. Di samping itu ada yang ber­beda untuk bantuan sembako pada tahap dua ini pada awalnya paket sembako ada telur diganti susu UHT. “Te­lur dengan susu adalah ka­rena pada penyaluran bansos tahap satu banyak terjadi masalah, seperti telur yang pecah dan busuk,” katanya.

Selain itu, Pemprov Jabar juga menambahkan lima masker dalam paket bantuan sembako. “Saat ini penerima bantuan provinsi di Desa Lumpang ada 260 paket, yang terdiri dari dua RT, dilakukan di kantor desa, dimulai tadi siang hingga selesai,” pung­kasnya. (brt/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *