Satu-satunya Wanita yang Pernah Menjabat Danramil

by -

Dulu, tak pernah terpikirkan Zurnalita muda bakal memiliki pangkat Kapten Chb (K). Apalagi menjabat sebagai Kaur Komsos Sterdim 0606/Kota Bogor seperti sekarang. Wanita kelahiran 26 April 1973 di Kota Padang, Sumatera Barat ini tidak memiliki sanak-keluarga yang berlatar belakang tentara

AYAH yang berprofesi seba­gai guru dan pedagang, tak pernah menuntut apa pun kepada Zurnalita. ”Yang pen­ting saya bahagia dan taat be­ribadah. Hanya itu pesan orang tua saya,” ujarnya.

Jelang kelulusannya di masa SMA pada 1991 semuanya berubah. Zurnalita yang belum memiliki tujuan ingin men­jadi apa. Tiba-tiba diterima dalam pendaftaran calon ang­gota TNI dari wilayah Padang, Sumatera Barat. Tanpa memi­liki pengetahuan dasar tentang militer, Zurnalita bagaikan masuk ke belantara hutan tanpa persenjataan.

Berbagai ujian ia lewati dan tanpa ia sadari, ia pun lolos ujian seleksi tahap Kodam 1 Medan dan segera diberang­katkan ke Lembang, Jawa Barat untuk mengikuti pela­tihan lanjutan. Sedangkan, temannya yang menyeretnya ke dunia militer malah tidak lulus ujian.

Dengan membawa tekad sang teman itu, Zurnalita mulai menetapkan diri akan men­jadi seorang wanita yang sukses di dunia militer. Berbekal se­mangat dan dukungan kelu­arga, Zurnalita mengikuti camp pelatihan di Lembang. ”Rasa takut dan tidak percaya diri ada saja ya. Karena kan kalau dibilang yang cocok jadi ten­tara ya kakak saya. Dia memi­liki tubuh lebih proporsional, apalagi memiliki latar belakang sebagai atlet, anggota paskriba dan mayoret drum band se­masa sekolah. Tapi saya se­mangat saja lah,” katanya.

Selesai pelatihan yang mema­kan waktu kurang lebih satu tahun, ia akhirnya ditugaskan di Makassar sejak 1996 sampai 2002. Setelah itu ia ditugaskan di Bogor, tepatnya di Korem 061 Suryakencana.

Perjalanan karier Zurnalita bisa dikatakan cukup istimewa. Ia menjadi satu-satunya wa­nita yang memiliki jabatan sebagai danramil di wilayah Korem 061 Suryakencana. Se­telah menjabat sebagai Dan­ramil Klapanunggal selama kurang lebih dua setengah tahun sejak 2017 hingga akhir 2019, kini Zurnalita bertugas di Kodim 0606 Kota Bogor.

Kegiatannya tetap sama se­perti biasanya. Yang berbeda adalah kondisinya. Saat ini pandemi Covid-19 tengah me­nerpa Indonesia. Selama pelaks­anaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor, ia bertugas sebagai juru masak dapur darurat. Sehari-hari, lebih dari 200 bungkus makanan ia buat bersama ang­gota TNI lainnya untuk diba­gikan kepada masyarakat. (dil/d/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *