Wabup Bogor bakal Atur Wilayah Minapolitan

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor menunjukkan keseriu­sannya dalam mengembang­kan budi daya ikan di wilayah utara.

Dalam kunjungan ke lokasi minapolitan di wilayah Ke­camatan Ciseeng, Wakil Bu­pati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, adanya kawasan Minapolitan di Kabupaten Bogor merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerin­tah Daerah Kabupaten Bogor dalam mengembangkan budi daya ikan.

Menurut Iwan, saat ini Pe­merintah Daerah Kabupaten Bogor tengah serius mem­buat kebijakan mengenai adanya wilayah minapolitan. “Ada semangat untuk kon­sentrasi bagaimana keseriusan kita dalam mengelola suatu wilayah, khususnya untuk ikan. Karena kan minapolitan itu bisa diartikan sebagai Kota Ikan,” ungkapnya.

Selain kebijakan, jelas Iwan, tempat untuk pengelolaan produksi atau reproduksi ikan juga sudah disediakan.

“Tinggal bagaimana kita mengembangkan pengelola­annya. Apalagi sekarang di Bogor dan Jakarta banyak permintaan ikan lele menca­pai 150 ton per harinya, se­dangkan kita bisa menyuplai 80 ton. Nah, ini kan pangsa pasar bagus yang sudah bisa kita akomodir,” ujarnya.

Iwan menyatakan dengan adanya kawasan minapolitan telah membawa dampak po­sitif bagi masyarakat. Di mana mereka yang mau usaha di bidang budi daya ikan bisa mendapatkannya di kawasan tersebut. Mengingat di kawasan minapolitan ini telah dibuat sentra-sentra produksi ikan lele dan sentra produksi pembibi­tan. “Di sini unggulannya ada­lah lele serta sebagai prototif reproduksi lele dari hulu ke hilir. Tapi yang di sini bukan untuk dijual atau dibagikan ke masyarakat dalam bentuk hibah, namun yang berada di Cibe­ning, Rancabungur,” imbuhnya.

Iwan menjelaskan, hasil re­produksi ikan lele yang dibi­ayai melalui APBD Kabupaten Bogor ini nantinya akan di­berikan kepada masyarakat melalui bantuan hibah. “Al­hamdulillah, dari satu repro­duksi ini kita sudah bisa ber­bagi ke masyarakat, termasuk menyuplai kebutuhan ikan lele ke berbagai daerah, teru­tama wilayah. (*/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *