308 Warga Binaan Kasus Narkoba Lapas Paledang Dapat Remisi HUT RI

by -

METROPOLITAN.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Paledang Bogor memberikan remisi umum kepada ratusan warga binaan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Senin (17/8). Tak kurang dari 534 warga binaan mendapatkan remisi, dengan satu orang diantaranya dinyatakan bebas karena sudah melewati masa tahanan.

Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor Teguh Wibowo mengatakan, total remisi diberikan kepada 534 orang dengan satu orang bebas karena melewati masa tahanan. Ia menjelaskan, dari jumlah itu, 524 orang diantaranya mendapatkan remisi unum I dan sepuluh orang lainnya dapat remisi umum II serta tengah menjalani subsider.

“Dari jumlah 534 orang WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan, red) yang mendapatkan remisi umum, terdiri dari 308 warga binaan kasus narkoba dan 226 warga binaan kasus lainnya,” katanya.

Baca Juga  3 Posyandu Siap Dibangun di Cilendek Timur

Jumlah itu, sambung dia, merupakan nama-nama warga binaan Lapas Kelas IIA Paledang yang sudah memenuhi persyaratan. Dari jumlah yang diusulkan kepada pemerintah pusat, semua diterima.

“Ini kan kami ajukan yang sudah memenuhi persyaratan dan Alhamdulillah semuanya yang kami ajukan diterima oleh pusat,” tandas Teguh.

Saat ini, jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Paledang Bogor berjumlah 715 orang dengan kapasitas ideal 394 orang. Selain itu, 716 orang penghuni yang menjadi warga binaan terdiri dari 656 orang pria dewasa, 53 orang perempuan, satu warga binaan anak pria, dua orang Warga Negara Asing (WNA) pria dan satu orang WNA perempuan.

Dilokasi yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya, berharap adanya RU ini bisa mempercepat proses pembinaan. Sebab, saat ini Kota Bogor masih dihantui oleh badai pandemi Covid-19. “Semakin cepat proses pembinaannya, maka semakin cepat pula kan nanti keluarnya mereka,” kata Bima. (dil/a/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.