770 Napi Lapas Cibinong Dihadiahi Remisi Kemerdekaan, Ada yang Langsung Bebas, Ini Rinciannya

by -

METROPOLITAN.id – Sebanyak 770 narapidana (napi) atau warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor menerima remisi (pengurangan masa tahanan) pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, Senin (17/08).

Kepala Lapas Kelas II A Cibinong, Kabupaten Bogor Ardian Nova Christiawan mengatakan, pemberian remisi tersebut dilakukan secara simbolis serentak via daring melalui teleconference yang berpusat di Lapas Kelas IIA Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Penyerahan kita lakukan secara simbolis via daring serentak seluruh Indonesia,” kata Ardian di sela-sela pemberian remisi di Aula Sahardjo Lapas Kelas II A Cibinong.

Pemberian remisi sendiri terbagi dalam dua jenis, Remisi Umum (RU) I dan RU II. Warga binaan yang mendapat RU I, masa hukumannya dipangkas antara satu hingga enam bulan. Sementara yang mendapat RU II langsung bebas dengan pemotongan masa pidana penjara yang sama dengan RU I.

Baca Juga  Keren, Warga Binaan Lapas Cibinong Diajari Ternak Lele

Warga binaan yang mendapatkan remisi dipastikan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Mereka juga dinilai telah berkelakuan baik selama menjalani pidana jika dihitung enam bulan sejak tanggal penahanan hingga 17 Agustus ini.

Dalam pengurusan remisi yang merupakan hak bagi warga binaan, Lapas Cibinong menjalankan proses pengusulan dan penerimaan secara online.

“Dalam proses pengusulan dan penerimaan remisi 17 Agustus di Lapas Cibinong seluruhnya melalui online, mulai dari pemberkasan hingga persetujuan dari kantor wilayah dan pusat. Sehingga data dapat mudah tersortir secara baik dan menekan angka penyalahgunaan wewenang seperti pungutan liar dan lainnya,” ucapnya. (ogi/a/fin)

Berikut rincian warga binaan yang mendapatkan RU I dan RU II:

Baca Juga  Semarak Kemerdekaan, Warga GSL Gelar Pentas Seni

RU I : 759 orang
RU II (Subsidair) : 11 orang
Jumlah: 770 Warga Binaan

Berdasarkan besaran perolehan remisi :
1 bulan: 179 orang
2 bulan: 158 orang
3 bulan: 200 orang
4 bulan: 128 orang
5 bulan: 89 orang
6 bulan: 16 orang

Leave a Reply

Your email address will not be published.