Ade Yasin Bangga Punya Beras Carita Makmur

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin mengaku senang dan bangga dengan hasil panen para petani padi di wilayah timur Kabupaten Bogor. ”Alhamdulillah panennya berlimpah. Kita harus bangga punya produk beras hasil sendiri yang kita namakan beras Carita Makmur,” kata Ade Yasin saat panen raya padi di Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Salah satu kelompok tani (poktan) di wilayah itu, yakni Poktan Jaya Mukti yang beranggotakan 52 petani, mampu memproduksi padi sebanyak 65,92 kuintal per hektare. Ade berharap keberhasilan kelompok itu bisa memotivasi kelompok tani lainnya sehingga produktivitas pangan padi di Kabupaten Bogor terus meningkat.

Selain itu, para petani juga diberikan kartu tani untuk jaminan atau asuransi. Jika daerah ini mengalami bencana atau kekeringan, nantinya akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp6 juta per hektare menggunakan kartu tersebut. ”Ini merupakan upaya daerah untuk membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi. Pertanian bisa menjadi sektor untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, khususnya di Kabupaten Bogor,” pungkasnya. (tib/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *