Besok Diresmikan Bupati, Jembatan Gerendong Bagus Lagi

by -

METROPOLITAN – Pembangunan Jembatan Ge­rendong di Kecamatan Rum­pin sudah selesai. Rencananya jembatan itu akan diresmikan Bupati Bogor Ade Yasin pada Kamis (13/3). Sehari sebelum acara, Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 2112 Rumpin Kapten Inf Khasbul­lah memantau langsung je­mbatan yang menghubungkan Desa Kampung Sawah, Keca­matan Rumpin, dengan Desa Putatnutug, Kecamatan Ci­seeng, itu.

Untuk diketahui, sebelumnya Jembatan Gerendong yang memiliki panjang sekitar 45 meter dan lebar enam meter itu ambruk akibat diterjang derasnya Kali Cisadane pada tahun lalu. Khasbullah men­gatakan, selain bupati, acara peresmian itu akan dihadiri dandim dan kapolres Bogor. Ia berharap dengan adanya peresmian jembatan ini bisa meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, khususnya di Ke­camatan Rumpin dan Ciseeng. ”Semoga jembatan yang baru bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, pada Mei 2020 lalu, Jembatan Gerendong jebol. Truk tambang yang ma­sih banyak melintas dituding menjadi salah satu penyebab­nya. Mengantisipasi adanya korban, Muspika Rumpin menutup akses kendaraan lantaran adanya perbaikan.

Sebelumnya UPT Infrastruk­tur Jalan dan Jembatan Wi­layah VIII memperbaiki Jem­batan Gerendong. “Kami akan melakukan pengecoran dan sudah dibahas dengan Pe­merintah Kecamatan Rumpin. Perbaikan jembatan sekitar dua minggu. Kalau bisa lebih cepat, langsung kami buka lagi,” kata Kepala UPT Infra­struktur Jalan Dan Jembatan wilayah VIII, Candra Trikaya.

Selama perbaikan, tambah­nya, kendaraan akan dialihkan ke arah Ciampea dan Jemba­tan Leuwiranji. “Ini proyek darurat. Nantinya ketika jem­batan yang baru sudah selesai, bisa dilewati karena ada proy­ek jembatan tipe A,” pungkas­nya. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *