Cegah Covid-19, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Makanan Laut

by -

METROPOLITAN.ID –  Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).  KKN Tim II Undip dilakukan mulai 5 juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020 mendatang. Karena Pandemi Covid-19 KKN yang harusnya dilaksanakan di wilayah kampus, kini dilakukan secara mandiri di tempat tinggal masing-masing dengan tujuan mencegah penularan Covid-19.

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat cepat terdampak penyebaran Covid-19. Kesadaran masyarakat yang kurang akan paham kebersihan di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar  dan mengkonsumsi makanan laut membuat semakin cepatnya persebaran Covid-19. Adanya kekurangan yang dimiliki, perlu dilakukan pencegahan dan antisipasi agar dapat memutus rantai Covid-19. Hal tersebut perlu diterapkan kepada warga di Desa Cijujung , Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Muhamad Fatah Nashrullah salah satu Mahasiswa Undip Jurusan Ilmu Kelautan,  mencoba memberikan edukasi kepada warga dengan menggelar sosialisasi ‘Edukasi  Konsumsi Makanan Laut Untuk Meningkatkan Imunitas Selama Pandemi Covid-19’ dan ‘Edukasi Tentang Hidup Sehat dan Memperhatikan Lingkungan’.

 

Program Ini dilakukan untuk memenuhi SDGs Goals mengenai Good Healty and Well-Being (Hidup sehat dan sejahtera) dan Life Below Water (Ekosistem Laut) karena dalam sosialisasi ini peran kedua SDGs Goals sangat diperlukan. “Kedua tema yang diangkat diharapkan agar warga Desa Cijujung mengerti tentang pola hidup sehat dan pentingnya mengkonsumsi makanan laut,” kata Fatah.

Dalam poster sosialisasi yang dibuat, lanjut dia, di dalamnya terdapat pengetahuan mengenai jenis-jenis makanan laut dan berbagai kandungan di dalam makanan laut tersebut.  Tak hanya itu, informasi mengenai pola hidup sehat, seperti memilih makanan , cuci tangan, memakai masker juga disebar.

“Harapannya Program edukasi  ini, warga bisa memperhatikan kebersihan lingkungan dan memberikan wawasan baru bahwa makanan laut memiliki khasiat yang sangat bagus guna memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19,” tutupnya. (*/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *