Cuma Modal Korek Api, Perampok ATM di Bogor Gasak Duit Ratusan Juta

by -

METROPOLITAN.id – Warga Bogor mesti lebih berhati-hati dalam menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Polisi baru saja menangkap perampok ATM dengan modus ganjal korek api, yang menyebabkan korban kehilangan uang ratusan juta rupiah.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (13/7) lalu saat korban, Muhamad Yasin, warga Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tengah mengambil uang di ATM Bersama Mandiri Center POM Bensin Cemplang, Kelurahan Cilendek Barat.

Kejadian bermula sekitar pukul 11.00 WIB saat korban tiba-tiba kesulitan memasukan kartu ATM-nya. Rupanya, tiga orang pelaku perampokan, UN, HA dan KA sudah mengganjal mesin ATM dengan menggunakan korek api.

“Modusnya mereka menuju ATM. Kalau ada sasaran, satu orang langsung masuk mengganjal ATM dengan korek api. Otomatis nanti korban masuk nggak bisa melakukan transaksi, nggak bisa masuk ATM-nya,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser saat konfrensi pers di Mapolresta Bogor Kota, Senin (10/8).

Baca Juga  Kacau, Nyaris 2 Tahun Pandemi, Disdik Nggak Punya Inovasi Sistem Belajar

Setelah korban kesulitan, sambung dia, satu orang pelaku lainnya berpura-pura membantu memasukkan kartu ATM milik korban. Setelah kartu ATM korban masuk ke dalam mesin ATM, uang korban rupanya tidak bisa keluar. Rupanya komplotan juga menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM lain. “Pelaku juga sudah melihat nomor PIN ATM korban. Setelah korban keluar dari ruangan ATM, para pelaku angsung menggasak uang korban,” ucap Hendri.

Setelah itu, korban sempat menuju mesin ATM lainnya untuk menarik uang, namun tidak bisa. Setelah itu, korban pulang ke rumah untuk mengambil buku ATM dengan maksud untuk mengambil uang tunai langsung ke kantor Bank Mandiri.

Korban tersadar uangnya telah dirampok setelah petugas bank memberi tahu kalau kartu ATM yang ia bawa adalah milik orang lain. Ia terkejut ketika melihat saldo ternyata sudah berkurang Rp 115 juta dan hanya disisakan uang Rp 3 juta. Korban langsung melapor ke Polsek Bogor Barat dan petugas langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. Komplotan itu pun ditangkap di ruas tol Cipali, 21 Juli lalu.

Baca Juga  Polisi Ciduk Diduga Pelaku Pembuang Janin Bayi Hasil Hubungan Gelap di Ciparigi Bogor

“Seorang pelaku terpaksa ditembak kakinya karena berusaha melawan saat ingin diamankan.┬áBarang bukti yang diamankan berupa satu unil mobil Toyota Avanza, batang korek api, rekening koran korban dan juga flashdisk isi rekaman cctv di lokasi kejadian,” tuntasnya. (cr3/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.