Delapan Bulan Pasca longsor Sukajaya, Akses Jalan Masih Rusak

by -

METROPOLITAN – Sudah delapan bulan jalan kabupaten yang mengalami longsor sukajaya se­panjang 35 meter, tepatnya di Kampung Ciputih, Desa Si­payung, Kecamatan Sukajaya, belum juga diperbaiki. Semen­tara warga terpaksa harus memutar melalui jalur alter­natif sepanjang satu kilometer.

Warga sekitar, Asep, menu­turkan, sejak diterjang long­sor awal tahun, jalan tersebut tak kunjung diperbaiki. Se­mentara akses jalan tersebut paling dekat jika ingin ke kantor kecamatan. ”Kita ber­harap jalan yang longsor di­perbaiki agar tidak menggerus rumah warga di sampingnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah VI Ci­gudeg, Punti Minesa, men­gatakan, sampai saat ini jalan yang longsor akibat bencana alam belum diperbaiki, ka­rena membutuhkan angga­ran besar. “Di sana ada lahan dan rumah warga yang harus dibebaskan untuk akses jalan. Ada lima rumah warga dan tanah kosong yang harus di­bebaskan. Setelah pembeba­san lahan baru dibuatkan jalan baru,” ujarnya.

Punti tak menampik jika akses untuk kendaraan roda dua dan empat, warga ter­paksa menggunakan jalur alternatif melewati jalan desa sepanjang satu kilometer. ”Warga Sukajaya masih bisa lewat jalur alternatif. Intinya, kita terus memperjuangkan agar lahan yang bakal diguna­kan bisa cepat dibebaskan pemerintah,” tukasnya. (ads/c/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *