DPMD Beri Pelatihan Aplikasi Desa Melawan Covid-19

by -

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor melaksanakan pelatihan Aplikasi Desa Melawan Covid-19 di kantor Kecamatan Cijeruk. Sedikitnya ada 24 operator dan pendamping desa yang mengikuti pelatihan. Ini berasal dari dua kecamatan yakni Cijeruk dan Cigombong

STAF Bidang Pemberday­aan Masyarakat Desa, Mifta­hul Rohmat, menerangkan, aplikasi yang baru diluncur­kan Kementerian Desa (Ke­mendes) yaitu aplikasi Human Development Worker (e- HDW) dan aplikasi Desa Lawan Covid-19. Dua apli­kasi ini bermanfaat untuk membantu pencegahan, penanganan Covid-19 dan kesehatan masyarakat atau stunting.

”Pengguna aplikasi ini ada­lah perangkat atau operator desa. Nanti di aplikasi ada fitur-fitur yang harus diisi perangkat desa,” tuturnya.

Di antaranya terkait penanga­nan corona dan permasalahan di tiap desa tersebut. Menurut Miftahul, tujuan aplikasi ini tak lain untuk mengetahui data real time di wilayah ter­dampak Covid 19.

“Jadi, pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan dae­rah akan mengetahui cara penanganan dan pelaporan dari pemerintah desa,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh data dapat diakses pemerintah desa dengan telepon seluler. Sehingga seluruh pelaporan dapat secepat mungkin di­terima pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengambilan kebijakan ter­kait pecegahan dan penanga­nan Covid-19 di daerah.

Sedangkan untuk aplikasi e-Human Development Wor­ker (e-HDW) merupakan aplikasi yang dapat menyam­paikan informasi secara elek­tronik terkait data stunting, posyandu guna memantau masyarakat tetap sehat saat kondisi Covid-19. “Jadi saya berharap perangkat ini se­gera dapat dijalankan pemdes,” tutupnya.(nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *