Fix! MotoGP 2020 cuma Mengaspal di Eropa

by -

METROPOLITAN – Dorna Sports, selaku promotor ajang balap MotoGP, men­gonfirmasi bahwa kejua­raan dunia musim ini hanya akan berlangsung di Benua Eropa. Kabar itu diungkap setelah Dorna bersama FIM dan IRTA resmi mem­batalkan penyelengga­raan tiga seri balap di luar Benua Biru.

Diberitakan sebelumnya, MotoGP Argentina di Benua Amerika serta MotoGP Thai­land dan MotoGP Malaysia di Benua Asia dibatalkan setelah sempat masuk ke dalam daf­tar seri balap yang ditunda karena pandemi virus Co­rona alias Covid-19.Sebagai gantinya, Dorna menambah satu seri balap lagi di Eropa pada 20-22 November 2020.

Namun, Dorna belum bisa merilis nama dan lokasi penyelenggaraan seri balap tersebut. ”Dengan sangat se­dih kami mengumumkan pembatalan seri balap Argen­tina, Thailand, dan Malaysia pada musim ini. Tiga seri balap tersebut akan sangat dirindukan pada kalender 2020,” kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

”Semangat para penggemar yang sering berpergian melin­tasi benua untuk menikmati MotoGP bersama kami di Ter­mas de Rio Hondo, Buriram, dan Sepang sungguh luar bi­asa. Tercipta saat mereka mela­kukan suasana luar biasa dalam menyambut olahraga ini,” ucapnya. ” Namu n , kami senang menamba­hkan seri balap lain di Eropa ke ka­lender 2020,” sambung Ezpeleta.

Dilansir dari laman resmi MotoGP, pengumuman terkait nama dan lokasi seri balap baru akan dilakukan pada Senin, 10 Agustus men­datang. Dengan penambahan satu seri balap di Eropa, Mo­toGP 2020 dipastikan bakal menggelar 15 seri balap dalam satu musim.

Sejauh ini, MotoGP 2020 sudah menyelesaikan dua seri balap yang sama-sama berlangsung di Sir­kuit Jerez, Spanyol, dalam tempo dua pekan beruntun. Pada seri pembuka, MotoGP Spa­nyol 2020, pe­balap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quarta­raro, tampil sebagai pemenang.

Hasil serupa kembali dibu­kukan Quartararo pada seri balap berikutnya, MotoGP Andalusia 2020. Tanpa keha­diran sang juara dunia berta­han, Marc Marquez (Repsol Honda), karena cedera lengan kanan, Quartararo leluasa menunjukkan kepiawaiannya menunggangi kuda besi YZR-M1 dari Yamaha. Alhasil, pe­balap Prancis itu kini memun­caki klasemen sementara dengan raihan 50 poin.

Di sisi lain, dibatalkannya penyelenggaraan tiga seri ba­lap di luar benua biru mengu­lang cerita lama. Di mana, keputusan ini adalah pertama kalinya dalam 34 tahun terakhir penyelenggaraan balap motor grand prix hanya dilangsung­kan di Eropa. Terakhir kali hal seperti ini terjadi adalah pada musim balap 1986.

Pada musim tersebut, terda­pat 11 seri balapan yang di­lombakan. Adapun yang keluar sebagai juara dunia di grand prix 1986 itu adalah pe­balap Amerika Serikat, Eddie Lawson. (bs/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *