Gubernur Ridwan Kamil Yakin Pariwisata Pulihkan Ekonomi

by -

METROPOLITAN – Guber­nur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebut sektor pari­wisata siap menyokong per­ekonomian Jabar pascapan­demi Covid-19, salah satunya dengan mendorong Kabupa­ten Pangandaran sebagai etalase wisata di Jabar.

Menurutnya, dengan berba­gai panorama alam yang indah, mulai dari sawah, sungai, gu­nung, hingga pantai, wilayah Pangandaran akan mampu menjadi destinasi wisata ung­gulan untuk meningkatkan perekonomian Jabar.

”Saya yakin Pangandaran dan Jabar secara umum akan pulih kembali pascapandemi Covid-19. Asalkan dirawat dengan baik, apalagi (jika, red) Pangandaran didesain dengan baik, ekonominya akan melom­pat,” kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Kolaborasi Pemerintah Ka­bupaten Pangandaran dengan Provinsi Jabar serta dukungan pusat, lanjutnya, diperlukan untuk kemajuan wisata di Pangandaran.

”Semua kompak dan bisa (berkolaborasi, red), (maka) Pangandaran akan kembali baik (pascapandemi, red),” tambah Kang Emil.

Selain itu, ia menilai Pang­andaran memiliki peluang lebih besar untuk menggaet wisatawan karena mayoritas yang datang adalah wisatawan Nusantara atau wisatawan lokal yang tidak membutuh­kan transportasi udara.

”Karena itu, saya yakin wi­sata di Pangandaran akan kembali pulih,” ujarnya.

Kang Emil juga menyarankan agar semakin banyak lagi ke­giatan yang digelar di Pang­andaran karena bisa mem­bawa pengaruh luas terhadap kuliner, penginapan, hingga pendapatan ekonomi masy­arakat sekitar.

”Even-even otomotif pun bisa diciptakan di kawasan wisata Pangandaran. Nanti tidak ada alasan Panganda­ran tidak sukses dan keren. Begitu pula dengan angka gini ratio kemiskinan di Pang­andaran harus rendah,” ujar­nya. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *