Ibu Wajib Mantapkan Pendidikan Anak di Rumah

by -

METROPOLITAN – Di tengah pandemi Covid-19, peran orang tua sangat penting untuk tum­buh kembang pendidikan anak. Pasalnya, saat ini kegiatan belajar menga­jar di sekolah tengah dihentikan sementara.

“Orang tua berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam peribahasa, ibu adalah mad­rasah atau sekolah pertama bagi anak. Bagaimana karak­ter dan perkembangan anak ditentukan orang tuanya terkhusus sang ibu,” ujar Ke­tua Umum Perempuan, Jeng­gala Vicky W Kartiwa, Rabu (5/8).

Dia menjelaskan, persoalan di tengah pandemi yang me­landa Indonesia sejak awal tahun berdampak begitu be­sar bagi kehidupan masyara­kat. Mulai dari kesehatan, perekonomian, pendidikan, sosial perilaku, budaya dan kebiasaan mental psikis dari anggota masyarakat.

Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan yang menyangkut pemutusan mata rantai penyebaran Co­vid-19, seperti social distan­cing, physical distancing, stay at home, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala besar), WFH (Work From Home), PJJ (Pem­belajaran Jarak Jauh) atau home learning dan lain lain.

“Kebijakan stay at home ini antara lain mengharuskan anak-anak usia sekolah belajar di rumah, disadari atau tidak telah mengembalikan tugas dan tanggung jawab orang tua dalam melakukan pendidikan bagi anak-anaknya,” ujarnya.

Seorang ibu yang juga publik figur, Ussy Sulistiawaty menu­turkan bahwa ini merupakan tantangan tersendiri dalam mengawal pembelajaran di masa pandemi. Di mana peran orang tua memiliki tanggung jawab dalam menghidupkan keberlangsungan pendidikan anak di rumah.

“Saya merasakan betul ba­gaimana tanggung jawab pen­didikan formal itu berpindah kepada kami orang tua yang stay at home. Kami tidak saja berperan mendampingi me­reka belajar, tapi juga memas­tikan pendidikan tetap men­jadi prioritas mereka selama belajar dari rumah dan itu tidak gampang,” jelasnya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *