Ini Cara Cek Nama Kamu Terdaftar Sebagai Penerima BLT Karyawan Swasta Rp600 Ribu

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah bakal segera memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada karyawan swasta. Rencananya bantuan yang diberikan kepada karyawan swasta tersebut berjumlah Rp600 ribu per bulan. Salah satu syaratnya penerima terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenegakerjaan.

Pemerintah rencananya akan memberikan bantuan sosial bagi karyawan swasta selama empat bulan sebesar Rp600 ribu.

Bantuan yang akan diberikan mulai September 2020 diperuntukkan khusus bagi karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Dengan kata lain, karyawan swasta yang akan menerima bantuan adalah peserta aktif terdaftar BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp150 ribu per bulan.

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa penerima bantuan adalah orang yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Ia mengatakan, kelompok tersebut sebenarnya juga banyak mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kita melihat orang-orang di kelompok ini masih belum dibantu. Arahan dari Bapak Presiden, tolong dibuatkan program untuk membantu orang-orang di segmen ini,” kata Budi.

Menurutnya, penyaluran bantuan ini kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan akan lebih mudah dilakukan. Sebab pemerintah sudah menyimpan data setiap karyawan.

Sementara itu Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengatakan bahwa bantuan akan disalurkan melalui rekening. Maka karyawan akan mendapat bantuan secara langsung dari pemerintah melalui rekening masing-masing. Bantuan Rp600 ribu selama empat kali itu akan dicairkan dalam dua tahap.

Karyawan masing-masing berhak mendapatkan Rp 2,4 juta. Dalam sekali pencairan, para karyawanswasta akan mendapat Rp1,2 juta untuk dua bulan sekaligus.

“(Bantuan) akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” ujar Erick Tohir.

Ia menyebut pengiriman bantuan melalui rekening, sehingga pihak perusahaan maupun karyawan swasta diharap menyampaikan data nomor rekening yang dimaksud.

Dikutip dari laman BP Jamsostek ada beberapa cara untuk memeriksa status kepesertaan BP JAMSOSTEK:

Via SMS

Peserta dapat mengirim pesan SMS ke nomor 2757.

Ketik
Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada) lalu kirim ke 2757

Setelah itu peserta dapat mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) nomor peserta lalu kirim ke 2757.

Via Aplikasi BPJSTK Mobile

Pertama, unduh aplikasi BPJSTK Mobile secara gratis.
Aplikasi ini tersedia di Android, iOs, dan Blackberry. Setelah itu peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi berguna agar peserta mendapatkan PIN. Setelah terdaftar dan bisa login maka peserta bisa langsung mengecek status kepersertaannya secara langsung.

Via Laman BPJAMSOSTEK

Buka laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ untuk mengetahui status kepersertaan serta saldo JHT BPJAMSOSTEK. (tib/ryn)

6 thoughts on “Ini Cara Cek Nama Kamu Terdaftar Sebagai Penerima BLT Karyawan Swasta Rp600 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *