Laga Hidup Mati Barcelona

by -

METROPOLITAN – Putaran Liga Champions 2019/20 kembali bergu­lir akhir pekan ini. Barcelona akan melakoni laga hidup mati saat bersua Napoli di leg kedua babak 16 besar. Laga sendiri akan ber­langsung di Camp Nou, Minggu (9/8) pukul 02:00 WIB.

Kedua tim sama-sama memi­liki tabungan satu gol, hasil dari duel leg pertama di San Paolo yang berakhir imbang 1-1. Napoli lebih dulu unggul pada menit 30 melalui sepakan Dries Mertens. Namun, Barcelona bisa menyamakan skor lewat gol Antoine Griezmann pada menit 57.

Meski bermain imbang tanpa gol pada leg kedua, sudah cukup untuk membawa Barcelona lolos ke perempat final. Kendati demikian, Lionel Messi dkk diprediksi akan tetap bermain ngo­tot untuk meraih kemenangan.

Peluang Barcelona menundukkan Na­poli di Cam Nou semakin besar karena tim berjuluk Blaugrana itu punya rekor kandang mentereng saat bermain di kompetisi Eropa. Barcelona tak pernah kalah di kandang pada kompetisi Eropa sejak September 2013.

Sejak saat itu, Blaugrana telah memain­kan 35 laga kandang di pentas Eropa. Hasilnya, mereka mengemas 31 keme­nangan dan empat kali imbang.

Statistik Barcelona dari 35 laga kandang terakhir di kompetisi Eropa semakin mengerikan karena mereka mampu mencatatkan rata-rata 2,97 gol per pertan­dingan. Kemenangan terkini Barcelona di Camp Nou pada ajang Liga Champi­ons adalah ketika mereka melibas Borus­sia Dortmund dengan skor 3-1 di babak penyisihan grup.

Sementara itu, kekalahan terakhir Bar­celona di kandang saat mentas di Liga Champions adalah pada 1 Mei 2013, tepatnya pada semifinal leg kedua men­ghadapi Bayern Muenchen. Ke­tika itu, Blaugrana ditekuk Bayern Muenchen dengan skor mencolok 0-3 di kandang sendiri.

Rekor kandang apik Barcelona di pentas Eropa tentu men­jadi tantangan tersendiri bagi Napoli. Laga tan­dang kontra Bar­celona akhir pe­kan ini juga akan menjadi pertan­dingan pertama Napoli di Camp Nou pada ajang resmi.

Lalu sanggupkah pasukan Gennaro Gattuso itu me­runtuhkan benteng kokoh Barcelona yang berwujud Stadion Camp Nou? Me­narik untuk dit­unggu. (kom/rez/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *